Translate

Senin, 18 Januari 2016

Shahih Muslim.




SHAHIH MUSLIM

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Berkata asy-syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :

2_ صَحِيْحُ مُسْلِمٍ:

2_ Shahih Muslim:

هُوَ الْكِتَابُ الْمَشْهُوْرُ الَّذِيْ أَلَّفَهُ مُسْلِمٌ بْنُ الْحَجَّاجِ رَحِمَهُ اللهُ، جَمَعَ فِيْهِ مَا صَحَّ عِنْدَهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Shahih Muslim adalah sebuah kitab yang masyhur yang disusun oleh Imam Muslim Ibnul Hajjaj Allahu yarhamhu. Beliau mengumpulkan padanya sesuatu yang shahih di sisi beliau dari nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

قَالَ النَّوَوِيُّ: سَلَكَ فِيْهِ طُرُقاً بَالِغَةً فِيْ الْاِحْتِيَاطِ، وَالْإِتْقَانِ، وَالوَرَعِ، وَالْمَعْرِفَةِ، لَا يَهْتَدِي إِلَيْهَا إِلَّا أَفْرَادٌ فِيْ الْأَعْصَارِ. اهـ.

Berkata Imam An-Nawawi Allahu yarhamhu: Imam Muslim rahimahullahu dalam menyusun kitab tersebut menggunakan metode yang berada pada puncak perhatian, kemahiran, dan kehati-hatian serta pengetahuan yang tidaklah mendapat petunjuk hal tersebut melainkan hanya segelintir orang sepanjang zaman. 

وَكَانَ يَجْمَعُ الْأَحَادِيْثَ الْمُتَنَاسِبَةَ فِيْ مَكَانٍ وَاحِدٍ، وَيَذْكُرُ طُرُقَ الْحَدِيْثِ وَأَلْفَاظَهُ مُرَتَّباً عَلَى الْأَبْوَابِ، لَكِنَّهُ لَا يَذْكُرُ التَّرَاجِمَ إِمَّا: خَوْفاً مِنْ زِيَادَةِ حَجْمِ الْكِتَابِ، أَوْ لِغَيْرِ ذَلِكَ.

Beliau mengumpulkan hadits-hadits yang bersesuaian dalam satu tempat, dan menyebutkan berbagai jalan hadits dan lafazh-lafazhnya secara teratur pada bab-babnya. Hanya saja beliau tidak menyebutkan judul-judulnya, mungkin karena khawatir menambah ukuran kitab atau mungkin karena selain hal tersebut.

وَقَدْ وَضَعَ تَرَاجِمَهُ جَمَاعَةٌ مِنْ شُرَاحِهِ، وَمِنْ أَحْسَنِهَا تَرَاجِمُ النَّوَوِيِّ رَحِمَهُ اللهُ.

Sejumlah para pensyarah telah memberikan judul padanya, dan di antara peletakkan judul yang paling baik adalah judul-judul yang diletakkan oleh Imam An-Nawawi rahimahullahu.

وَعَدَدُ أَحَادِيْثِهِ بِالْمُكَرَّرِ (7275) خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ وَمِائَتَانِ وَسَبْعَةُ آلَافِ حَدِيْثٍ، وَبِحَذْفِ الْمُكَرَّرِ نَحْوُ (4000) أَرْبَعَةِ آلَافِ حَدِيْثٍ.

Jumlah hadits-haditsnya secara berulang adalah 7.275 hadits. Dan jumlah tanpa berulang adalah 4.000 hadits.

وَقَدِ اتَّفَقَ جُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ أَوْ جَمِيْعُهُمْ عَلَى أَنَّهُ - مِنْ حَيْثُ الصِّحَّةِ - فِيْ الْمَرْتَبَةِ الثَّانِيَةِ بَعْدَ صَحِيْحِ الْبُخَارِيِّ.

Jumhur para ulama telah bersepakat atau seluruhnya, bahwa: Shahih Muslim -dari sisi tingkatan keshahihan- berada pada tingkatan kedua setelah Shahih Al-Bukhari.

وَقِيْلَ فِيْ الْمُقَارَنَةِ بَيْنَهُمَا:

Konon ada yang melakukan perbandingan antara kedua shahih tersebut:

تَشَاجَرَ قَوْمٌ فِيْ الْبُخَارِيِّ وَمُسْلِمٍ * لَدَيَّ وَقَالُوْا: أَيُّ ذَيْنِ تُقَدَّمُ
فَقُلْتُ: لَقَدْ فَاقَ الْبُخَارِيُّ صِحَّةً * كَمَا فَاقَ فِيْ حُسْنِ الصِّنَاعَةِ مُسْلِمُ

Suatu kaum berselisih mengenai Al-Bukhari dan Muslim * di depanku, mereka berkata: mana di antara keduanya yang harus didahulukan?

Maka aku katakan: sungguh Al-Bukhari unggul dari sisi keshahihan * sebagaimana Muslim unggul dari sisi indahnya rangkaian.

* مُسْلِمٌ:

Imam Muslim rahimahullahu:

هُوَ أَبُوْ الْحُسَيْنِ مُسْلِمٌ بْنُ الْحَجَّاجِ بْنِ مُسْلِمٍ الْقُشَيْرِيِّ النَّيْسَابُوْرِيِّ، وُلِدَ فِيْ نَيْسَابُوْرَ سَنَةَ 204 هـ أَرْبَعٍ وَمِائَتَيْنِ.

Beliau adalah: Abu Al-Husain Muslim Ibnu Al-Hajjaj Ibnu Muslim Al-Qusyairi An-Naisaburi, dilahirkan di Naisabur pada tahun 204 hijrah nabawiyah.

وَتَنَقَّلَ فِيْ الْأَمْصَارِ لِطَلَبِ الْحَدِيْثِ؛ فَرَحَلَ إِلَى الْحِجَازِ وَالشَّامِ وَالْعِرَاقِ وَمِصْرَ، وَلَمَّا قَدِمَ الْبُخَارِيُّ نَيْسَابُوْرَ لَازَمَهُ وَنَظَرَ فِيْ عِلْمِهِ، وَحَذَا حَذْوَهُ.

Beliau berpindah-pindah negeri demi mencari hadits. Beliau melakukan rihlah ke negeri Hijaz, negeri Syam, negeri 'Iraq dan negeri Mesir. Dan tatkala datang Imam Al-Bukhari rahimahullahu ke Naisabur, maka beliau bermulazamah kepada Imam Al-Bukhari rahimahullahu, menela'ah ilmu beliau dan duduk di hadapan beliau Allahu yarhamhuma.

أَثْنَى عَلَيْهِ كَثِيْرٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ مِنْ أَهْلِ الْحَدِيْثِ وَغَيْرِهِمْ.

Banyak para ulama ahlul hadits dan juga selain ahlul hadits yang memuji Imam Muslim rahimahullahu
                                                                                                                      
تُوُفِّيَ فِيْ نَيْسَابُوْرَ سَنَةَ 261 هـ إِحْدَى وَسِتِّيْنَ وَمِائَتَيْنِ، عَنْ سَبْعٍ وَخَمْسِيْنَ سَنَةً.

Beliau diwafatkan di Naisabur, pada tahun 261 hijrah nabawiyah, pada usia beliau yang ke lima puluh tujuh tahun.

وَقَدْ خَلَّفَ عِلْماً كَثِيْراً فِيْ مُؤَلَّفَاتِهِ، رَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْراً.

Dan sungguh beliau telah meninggalkan banyak ilmu dalam karya-karya beliau, rahimahullahu wa jazahu 'anil muslimina khaira.

Wallahu a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.

Akhukum fillah :
Abu Muhammad Mubaarok Al-Atsary
Senin, 07  - Rabi'uts Tsani - 1437 H / 18 - 01 - 2016 M


                                                                                

Baca Juga :
--------------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.