Translate

Selasa, 09 Februari 2016

Sunan At-Tirmidzi.



SUNAN AT-TIRMIDZI

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Berkata asy-syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :

5_ سُنَنُ التِّرْمِذِيِّ:

Sunan At-Tirmidzi.

هَذَا الْكِتَابُ اشْتَهَرَ أَيْضاً بِاسْمِ "جَامِعِ التِّرْمِذِيِّ"، أَلَّفَهُ التِّرْمِذِيُّ رَحِمَهُ اللهُ عَلَى أَبْوَابِ الْفِقْهِ، وَأَوْدَعَ فِيْهِ الصَّحِيْحَ وَالْحَسَنَ وَالضَّعِيْفَ، مُبَيَّناً دَرَجَةُ كُلِّ حَدِيْثٍ فِيْ مَوْضِعِهِ مَعَ بَيَانِ وَجْهِ الضَّعْفِ، وَاعْتَنَّى بِبَيَانِ مَنْ أَخَذَ بِهِ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنَ الصَّحَابَةِ وَغَيْرِهِمْ، وَجَعَلَ فِيْ آخِرِهِ كِتَاباً فِيْ "العِلَلِ" جَمَعَ فِيْهِ فَوَائِدَ هَامَّةً.

Kitab ini dikenal juga dengan nama "Jami' At-Tirmidzi", disusun oleh Imam At-Tirmidzi rahimahullahu berdasarkan bab-bab fiqh.

Beliau meletakkan didalamnya hadits shahih, hasan dan dha'if dengan menjelaskan kedudukan setiap hadits pada tempatnya dengan penjelasan sisi kelemahannya.

Dan beliau juga memberi perhatian dengan menjelaskan orang yang mengambil (berpendapat) dengan hal tersebut dari kalangan ahlul ilmi baik shahabat ataupun selain mereka.

Dan beliau juga menjadikan di akhir kitab tersebut suatu kitab (pembahasan) yang menguraikan seputar masail "'Ilal", di dalam pembahsan tersebut beliau mengumpulkan berbagai faidah yang penting.

قَالَ: وَجَمِيْعُ مَا فِيْ هَذَا الْكِتَابِ مِنَ الْحَدِيْثِ فَهُوَ مَعْمُوْلٌ بِهِ، وَقَدْ أَخَذَ بِهِ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ مَا خَلَا حَدِيْثَيْنِ: حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ "أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالعَصْرِ بِالْمَدِيْنَةِ وَالْمَغْرِبِ وَالعِشَاءِ مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا سَفَرٍ". وَحَدِيْثِ: "إِذَا شَرِبَ فَاجْلِدُوْهُ، فَإِنْ عَادَ فِي الرَّابِعَةِ فَاقْتُلُوْهُ". اهـ.

Beliau berkata: semua hadits yang berada dalam kitab ini adalah hadits yang diamalkan, dan sungguh sebagian para ulama telah mengambil hal tersebut terkecuali pada dua hadits:

Pertama.
Hadits Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhuma:

 "أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالعَصْرِ بِالْمَدِيْنَةِ وَالْمَغْرِبِ وَالعِشَاءِ مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا سَفَرٍ"

"Bahwa nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjama' antara zhuhur dan 'ashar di Madinah, demikian juga maghrib dan 'isya, bukan karena takut dan bukan karena safar."

***
Tambahan faidah (pent):

[[ Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim pada kitab shalat hadits yang ke 705, Abu Dawud pada hadits yang ke 1211, At-Tirmidzi pada hadits yang ke 187 dan An-Nasai pada jilid pertama hadits yang ke 290 ]]

Disebutkan oleh salah satu pentahqiq kitab ini yang bernama Abu 'Ubaidah Usamah Ibnu Muhammad Al-Jamal -waffaqahullah-, beliau mengatakan:

بَلْ أَخَذَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَحِمَهُ اللهُ بِمُقْتَضَى حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فِيْ الْجَمْعِ، فَأَجَازَ الْجَمْعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَبَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ لِلْمَرَضِ وَنَحْوِهِ.

Bahkan Imam Ahmad Ibnu Hambal rahimahullahu mengambil sesuai dengan keadaan hadits Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhuma tentang menjama' tersebut, beliau (Ahmad Ibnu Hambal) membolehkan menjama' antara zhuhur dan 'ashar dan antara maghrib dan 'isya dikarenakan sakit atau yang semisalnya.  

وَقَدْ سُئِلَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا لِمَ فَعَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَالِكَ؟، فَقَالَ: "أَرَادَ أَنْ لَّا يُحَرِّجَ أُمَّتَهُ"، فَدَلَّ عَلَى أَنَّهُ كُلَّمَا لَحِقَ الْأُمَّةَ حَرَجٌ فِيْ تَرْكِ الْجَمْعِ جَازَ الْجَمْعُ.

Dan Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhuma telah ditanya: mengapa rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan hal tersebut?. Maka beliau menjawab: "beliau shallallahu 'alaihi wasallam ingin agar tidak memberatkan umatnya". Maka ini menunjukan bahwa: setiap kali sesuatu yang memberatkan menjumpai umat ini tatkala meninggalkan jama', maka boleh menjama'.
***

Kedua, hadits :

"إِذَا شَرِبَ فَاجْلِدُوْهُ، فَإِنْ عَادَ فِي الرَّابِعَةِ فَاقْتُلُوْهُ"

"Apabila seseorang meminum khamer, maka cambuklah. Dan apabila mengulangi hingga keempat kalinya, maka bunuhlah."

***
Tambahan faidah (pent):

[[ Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud pada hadits yang ke 4482, At-Tirmidzi pada hadits yang ke 1444, An-Nasai pada hadits yang ke 2573, Ahmad pada jilid empat hadits yang ke 95, dan Al-Hakim pada jilid empat hadits yang ke 372. Dan Al-Albani memandang shahihnya hadits ini ]]

Disebutkan juga oleh Abu 'Ubaidah Usamah Ibnu Muhammad Al-Jamal -waffaqahullah-, beliau mengatakan:

وَأَمَّا حَدِيْثُ قَتْلِ شَارِبِ الْخَمْرِ فِيْ الرَّابِعَةِ فَقَدْ أَخَذَ بِهِ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ.

Dan adapun hadits membunuh peminum khamer pada keempat kalinya, sebagian ulama juga telah mengambil hadits tersebut.

قَالَ ابْنُ حَزْمٍ رَحِمَهُ اللهُ: يُقْتَلُ فِي الرَّابِعَةِ بِكُلِّ حَالٍ.

Berkata Ibnu Hazm rahimahullah: "Ia dibunuh pada keempat kalinya, bagaimanapun keadaannya (yakni tanpa tafshil _pent)."

قَالَ ابْنُ تَيْمِيَّةَ رَحِمَهُ اللهُ: يُقْتَلُ عِنْدَ الْحَاجَةِ إِلَى قَتْلِهِ إِذَا لَمْ يَنْتَهِ النَّاسُ بِدُوْنِهِ.

Berkata Ibnu Taimiyyah rahimahullah: "Ia dibunuh tatkala kebutuhan mengharuskan membunuhnya, apabila manusia tidak berhenti (meminum khamer _pent) tanpa dengan membunuh."

وَعَلَى هَذَا فَلَا إِجْمَاعَ عَلَى تَرْكِ الْعَمَلِ بِالْحَدِيْثَيْنِ.

Berdasarkn keterangan tersebut, maka tidak ada ijma' untuk meninggalkan mengamalkan dua hadits tersebut di atas.
***

وَقَدْ جَاءَ فِيْ هَذَا الْكِتَابِ مِنَ الفَوَائِدِ الفِقْهِيَّةِ وَالحَدِيْثِيَّةِ مَا لَيْسَ فِيْ غَيْرِهِ، وَاسْتَحْسَنَهُ عُلَمَاءُ الْحِجَازِ وَالْعِرَاقِ وَخُرَاسَانَ حِيْنَ عَرَضَهُ مُؤَلِّفُهُ عَلَيْهِمْ.

Dan sungguh telah datang pada kitab ini berbagai faidah seputar fiqh dan hadits, yang tidak terdapat pada selainnya. Para ulama Hijaz, 'Iraq, dan Khurasan memandang baik kitab tersebut tatkala penulisnya memperlihatkan kepada mereka.

هَذَا وَقَدْ قَالَ ابْنُ رَجَبٍ: اعْلَمْ أَنّ التِّرمِذِيَّ خَرَّجَ فِيْ كِتَابِهِ الصَّحِيْحَ وَالحَسَنَ وَالغَرِيْبَ. وَالغَرَائِبُ الَّتِي خَرَّجَهَا فِيْهَا بَعْضُ المُنْكَرِ، وَلَا سِيَمَا فِيْ كِتَابِ الْفَضَائِلِ، وَلَكِنَّهُ يُبَيِّنُ ذَلِكَ غَالِباً، وَلَا أَعْلَمُ أَنَّهُ خَرَّجَ عَنْ مُتَّهَمٍ بِالكَذْبِ، مُتَّفَقٍ عَلَى اتِّهَامِهِ بِإِسْنَادٍ مُنْفَرِدٍ، نَعَمْ قَدْ يُخْرِجُ عَنْ سَيِّئِ الْحِفْظِ، وَمَنْ غَلَبَ عَلَى حَدِيْثِهِ الْوَهْنُ، وَيُبَيِّنُ ذَلِكَ غَالِباً، وَلَا يَسْكُتُ عَنْهُ اهـ.

Ibnu Rajab rahimahullah berkata: "Ketahuilah! Bahwa Imam At-Tirmidzi rahimahullahu mengeluarkan pada kitabnya hadits shahih, hasan dan gharib. Dan hadits-hadits gharib yang beliau keluarkan padanya terdapat sebagian yang mungkar. Terlebih pada kitab (pembahasan) keutamaan-keutamaan. Akan tetapi secara umum beliau menjelaskan hal tersebut. Dan aku tidak mengetahui apabila beliau mengeluarkan hadits dari perawi yang tertuduh berdusta yang disepakati akan tuduhan tersebut dengan sanad yang bersendirian. Na'am, beliau mengeluarkan hadits dari perawi yang jelek hafalannya, dan dari perawi yang mayoritas haditnya lemah, dan secara umum beliau menjelaskan hal tersebut dan tidak mendiamkannya. (Selesai)  

* التِّرْمِذِيُّ.

Imam At-Tirmidzi rahimahullahu.

هُوَ أَبُوْ عِيْسَى مُحَمَّدٌ بْنُ عِيْسَى بْنِ سَوْرَة السُّلَمِي التِّرْمِذِي، وُلِدَ فِيْ تِرْمِذ مَدِيْنَةٌ بِطَرْفِ جَيْحُوْنَ، سَنَةَ 209هـ فَطَافَ بِالْبِلَادِ، وَسَمِعَ مِنْ أَهْلِ الْحِجَازِ وَالْعِرَاقِ وَخُرَاسَانَ.

Beliau adalah Abu 'Isa Muhammad Ibnu 'Isa Ibnu Saurah As-Sulami At-Tirmidzi, dilahirkan di Tirmidz, sebuah kota yang terletak di ketepian Sungai Jaihun, pada tahun 209 hijrah nabawiyyah. Kemudian beliau mengelilingi berbagai negeri, dan mendengar dari penduduk Hijaz, 'Iraq dan Khurasan.   

اتَّفَقُوْا عَلَى إِمَامَتِهِ وَجَلَالَتِهِ حَتَّى كَانَ الْبُخَارِيُّ يَعْتَمِدُ عَلَيْهِ وَيَأْخُذُ عَنْهُ مَعَ أَنَّهُ - أَيْ الْبُخَارِيُّ - مِنْ شُيُوْخِهِ.

Para ulama bersepakat akan keimamahan dan kemulyaannya, sampai-sampai Al-Bukharipun bersandar kepada beliau dan mengambil darinya, bersamaan dengan itu, beliau -yakni: Al-Bukhari- termasuk dari masyaikhnya.

تُوُفِّيَ فِيْ تِرْمِذ سَنَةَ 279هـ عَنْ سَبْعِيْنَ عَاماً، وَقَدْ صَنَّفَ تَصَانِيْفَ نَافِعَةً فِيْ الْعِلَلِ وَغَيْرِهَا، رَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ اللهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْراً.

Beliau wafat di Tirmidz pada tahun 279 hijrah nabawiyah, pada usia beliau yang ke 70 tahun. Sungguh beliau telah menyusun berbagai karya yang bermanfaat pada bidang 'Ilal dan selainnya. Rahimahullahu. Wa jazahullahu 'anil muslimina khaira.

Wallahu a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.

Akhukum fillah :
Ahad, 27  - Rabi'uts Tsani - 1437 H / 09 - 02 - 2016 M


                                                                                

Baca Juga :
--------------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.