Translate

Jumat, 17 Januari 2020

Madzhab Syafi’i dimata Imam al Baihaqi adalah yang terbaik.‎



Madzhab Syafi’i dimata Imam al Baihaqi adalah yang terbaik.

Tercantum sebuah ibarot/ungkapan dalam “Ma’rifat Sunan Wal Atsar”:

وقد قابلت -بتوفيق الله تعالى- أقوال كل واحد منهم بمبلغ علمي؛ من كتاب الله عز وجل، ثم بما جمعت من السنن والآثار؛ في الفرائض والنوافل، والحلال والحرام، والحدود والأحكام، فوجدت الشافعي -رحمه الله- أكثرهم اتباعاً، وأقواهم احتجاجاً، وأصحهم قياساً، وأوضحهم إرشاداً، وذلك فيما صنف من الكتب القديمة والجديدة في الأصول والفروع بأبين بيان وأفصح لسان.

Menurut penuturan imam al Baihaqi tersebut: Madzhab Syafi’i adalah madzhab yang paling ittiba’ ‎‎(mengikuti nash), paling kuat argumentasinya, paling benar qiyasnya, serta paling gamblang/jelas bimbingan/petunjuknya. Baik itu yang terdapat dalam karya tulis imam Syafi’i yang terdahulu atau terbarunya, baik mengenai masalah ushul maupun furu’, dengan keterangan yang sangat jelas dan lisan/ungkapan yang sangat fasih.  

Tentunya imam al Baihaqi sampai pada titik kesimpulan tersebut, setelah beliau melakukan kajian/penelitian/riset ilmiah membandingkan pendapat-pendapat para imam dengan al Qur’an, hadits dan atsar para salaf. Baik yang berkaitan dengan masalah yang wajib dan sunnah, halal dan haram, atau hudud (hukum kriminal) dan ahkam (hukum). Sehingga sampailah imam al Baihaqi pada titik kesimpulan: Madzhab Syafi’i adalah madzhab yang terbaik.   

Padahal, imam al Baihaqi adalah imam besar yang sampai pada level mujtahid muthlaq, yang jika beliau ingin mendirikan sebuah madzhab mustaqil (tersendiri), niscaya mudah bagi beliau untuk mewujudkannya, karena keluasan ilmu dan ma’rifah/pengetahuan beliau tentang khilafiyat (masalah-masalah yang diperselisihkan di kalangan ahli ilmu). Sbgmn dituturakan imam adz Dzhabi dalam “Siyar” beliau:

ولو شاء البيهقي أن يعمل لنفسه مذهبا يجتهد فيه، لكان قادرا على ذلك، لسعة علومه، ومعرفته بالاختلاف. (سير أعلام النبلاء)

Oleh karena keluasan ilmu pengetahuan imam al Baihaqi tsb, wajar jika imam al Juwaini alim besar yang sezaman dgn beliau-pun terdecak kagum dan memujinya dengan sebuah ungkapan:

ما من شافعي إلاّ وللشافعي في عنقه منة، إلاّ البيهقي فإن له على الشافعي منة، لتصانيفه في نصرته لمذهبه وأقاويله

Tidak ada seorangpun yang berintisab/bersandar pada madzhab Syafi’i, melainkan Syafi’i berjasa terhadapnya. Kecuali imam al Baihaqi, sesungguhnya beliaulah yang berjasa terhadap Syafi’i, karena karya tulis al Baihaqi mengokohkan madzhab dan pendapat-pendapat Syafi’i. (Thabaqat Syafi’iah).  

_______
Imam al Baihaqi, beliau adalah: Ahmad bin al Hasan bin Ali bin Musa an Naisaburi, Abu Bakr al Baihaqi.

Imam asy Syafi’i, beliau adalah: Muhammad bin Idris bin al ‘Abbas bin Utsman bin Syafi’ asy Syafi’i al Qurasyi al Muthalibi, Abu Abdillah al Makki tsumma al Mishri. 

Imam adz Dzahabi, beliau adalah: Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdillah ad Dimasyqi, Abu Abdillah adz Dzahabi.

Imam al Juwaini, beliau adalah: Abdul Malik bin Abdillah bin Yusuf bin Muhammad bin Abdillah an Naisaburi, Abu al Ma’ali al Juwaini. Imam al Haramain. (rahmatullahi ‘alaihim jami’an)  

Oleh: Abu Muhammad Mubarok Al-Atsary

0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.