Madzhab Syafi’i dimata Imam al Baihaqi adalah yang
terbaik.
Tercantum
sebuah ibarot/ungkapan dalam “Ma’rifat Sunan Wal Atsar”:
وقد قابلت -بتوفيق
الله تعالى- أقوال كل واحد منهم بمبلغ علمي؛ من كتاب الله عز وجل، ثم بما جمعت من
السنن والآثار؛ في الفرائض والنوافل، والحلال والحرام، والحدود والأحكام، فوجدت
الشافعي -رحمه الله- أكثرهم اتباعاً، وأقواهم احتجاجاً، وأصحهم قياساً، وأوضحهم
إرشاداً، وذلك فيما صنف من الكتب القديمة والجديدة في الأصول والفروع بأبين بيان
وأفصح لسان.
Menurut
penuturan imam al Baihaqi tersebut: Madzhab Syafi’i adalah madzhab yang paling ittiba’ (mengikuti nash), paling kuat argumentasinya, paling
benar qiyasnya, serta paling gamblang/jelas bimbingan/petunjuknya. Baik itu
yang terdapat dalam karya tulis imam Syafi’i yang terdahulu atau terbarunya, baik
mengenai masalah ushul maupun furu’, dengan keterangan yang sangat jelas dan
lisan/ungkapan yang sangat fasih.
Tentunya
imam al Baihaqi sampai pada titik kesimpulan tersebut, setelah beliau melakukan
kajian/penelitian/riset ilmiah membandingkan pendapat-pendapat para imam dengan
al Qur’an, hadits dan atsar para salaf. Baik yang berkaitan dengan masalah yang
wajib dan sunnah, halal dan haram, atau hudud (hukum kriminal) dan ahkam
(hukum). Sehingga sampailah imam al Baihaqi pada titik kesimpulan: Madzhab
Syafi’i adalah madzhab yang terbaik.
Padahal, imam al Baihaqi adalah imam besar yang sampai pada level mujtahid muthlaq, yang jika beliau ingin mendirikan sebuah madzhab mustaqil (tersendiri), niscaya mudah bagi beliau untuk mewujudkannya, karena keluasan ilmu dan ma’rifah/pengetahuan beliau tentang khilafiyat (masalah-masalah yang diperselisihkan di kalangan ahli ilmu). Sbgmn dituturakan imam adz Dzhabi dalam “Siyar” beliau:
ولو شاء البيهقي أن يعمل لنفسه مذهبا يجتهد فيه، لكان
قادرا على ذلك، لسعة علومه، ومعرفته بالاختلاف. (سير أعلام النبلاء)
Oleh karena
keluasan ilmu pengetahuan imam al Baihaqi tsb, wajar jika imam al Juwaini alim
besar yang sezaman dgn beliau-pun terdecak kagum dan memujinya dengan sebuah
ungkapan:
ما من شافعي إلاّ
وللشافعي في عنقه منة، إلاّ البيهقي فإن له على الشافعي منة، لتصانيفه في نصرته
لمذهبه وأقاويله
Tidak ada
seorangpun yang berintisab/bersandar pada madzhab Syafi’i, melainkan Syafi’i
berjasa terhadapnya. Kecuali imam al Baihaqi, sesungguhnya beliaulah yang
berjasa terhadap Syafi’i, karena karya tulis al Baihaqi mengokohkan madzhab
dan pendapat-pendapat Syafi’i. (Thabaqat Syafi’iah).
_______
Imam al
Baihaqi, beliau adalah: Ahmad bin al Hasan bin Ali bin Musa an Naisaburi, Abu Bakr al Baihaqi.
Imam asy
Syafi’i, beliau adalah: Muhammad bin Idris bin al ‘Abbas bin Utsman bin Syafi’
asy Syafi’i al Qurasyi al Muthalibi, Abu Abdillah al Makki tsumma al
Mishri.
Imam adz
Dzahabi, beliau adalah: Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdillah
ad Dimasyqi, Abu Abdillah adz Dzahabi.
Imam al
Juwaini, beliau adalah: Abdul Malik bin Abdillah bin Yusuf bin Muhammad bin
Abdillah an Naisaburi, Abu al Ma’ali al Juwaini. Imam al Haramain.
(rahmatullahi ‘alaihim jami’an)
Oleh: Abu Muhammad Mubarok Al-Atsary
0 komentar:
Posting Komentar