Translate

Jumat, 19 Februari 2016

Musnad Al-Imam Ahmad.



MUSNAD AL-IMAM AHMAD

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Berkata Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :

مُسْنَدُ الْإِمَامِ أَحْمَدَ.

Musnad Al-Imam Ahmad.

المُحَدِّثُوْنَ جَعَلُوْا الْمَسَانِيْدَ فِي الدَّرَجَةِ الثَّالِثَةِ بَعْدَ "الصَّحِيْحَيْنِ" وَ"السُّنَنِ". وَمِنْ أَعْظَمِ الْمَسَانِيْدِ قَدْراً وَأَكْثَرِهَا نَفْعاً: "مُسْنَدُ الْإِمَامِ أَحْمَدَ"، فَقَدَ شَهِدَ لَهُ الْمُحَدِّثُوْنَ قَدِيْماً وَحَدِيْثاً بِأَنَّهُ أَجْمَعُ كُتُبِ السُّنَّةِ، وَأَوْعَاهَا، لِمَا يَحْتَاجُ إِلَيْهِ الْمُسْلِمُ فِيْ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ.

Ahlul hadits menjadikan kitab-kitab musnad berada pada tingkatan ketiga setelah shahihain dan kutub sunan. Dan di antara sebaik-baik kitab musnad secara kadar dan yang termasuk paling banyak manfaatnya adalah 'Musnad Al-Imam Ahmad'. Ahlul hadits baik dahulu maupun yang belakangan menjadi saksi terhadap 'Musnad Al-Imam Ahmad', bahwa kitab tersebut paling banyak menghimpun di antara kitab-kitab sunnah dan paling berhati-hati, dikarenakan kebutuhan seorang muslim terhadapnya dalam agama dan dunianya.    

قَالَ ابْنُ كَثِيْرٍ: لَا يُوَازِي "مُسْنَدَ أَحْمَدَ" كِتَابُ مُسْنَدٍ فِيْ كَثْرَتِهِ وَحُسْنِ سِيَاقَاتِهِ.

Berkata Imam Ibnu Katsir rahimahullahu: "tidak ada satu kitab musnad-pun yang mampu menyamai 'Musnad Al-Imam Ahmad' dari segi banyaknya dan keindahan rangkaiannya."

وَقَالَ حَنْبَلٌ: جَمَعَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ أَنَا وَصَالِحٌ وَعَبْدُ اللهِ، فَقَرَأَ عَلَيْنَا المُسْنَدَ وَمَا سَمِعَهُ غَيْرُنَا، وَقَالَ: هَذَا الكِتَابُ جَمَعْتُهُ مِنَ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِمِائَةِ أَلْفِ حَدِيْثٍ وَخَمْسِيْنَ أَلْفاً، فَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ الْمُسْلِمُوْنَ مِنْ حَدِيْثِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَارْجِعُوْا إِلَيْهِ، فَإِنْ وَجَدْتُمُوْهُ وَإِلَّا فَلَيْسَ بِحُجَّةٍ. اهـ.

Berkata Hambal (Ibnu Ishaq) rahimahullahu: "Ahmad Ibnu Hambal rahimahullah mengumpulkan kami, aku, Shalih dan 'Abdullah, maka beliau membacakan kepada kami 'Al-Musnad' dan apa yang didengar oleh selain kami. Beliau berkata: kitab ini aku mengumpulkannya lebih dari (700.000) hadits dan (50.000). Maka apa-apa yang kaum muslimin berselisih berupa hadits Rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam, hendakmya mereka merujuk kepadanya. Dan apabila kalian mendapati hadits tersebut (dalam 'Al-Musnad', maka itu adalah hujjah _pent), dan apabila tidak mendapatkannya, maka hadits tersebut bukan hujjah." (Selesai) 

لَكِنْ قَالَ الذَّهَبِيُّ: هَذَا الْقَوْلُ مِنْهُ عَلَى غَالِبِ الْأَمْرِ وَإِلَّا فَلَنَا أَحَادِيْثُ قَوِيَّةٌ فِيْ "الصَّحِيْحَيْنِ" وَ"السُّنَنِ" وَالْأَجْزَاءِ مَا هِيَ فِيْ المُسْنَدِ. اهـ.

Akan tetapi Adz-Dzahabi rahimahullah berkata: "ucapan ini dari beliau rahimahullah adalah secara keumuman perkara. Akan tetapi (secara detilnya), kita juga memililki hadits-hadits yang kuat dalam Shahihain dan dalam kitab-kitab sunan dan dalam kitab-kitab ajza' yang tidak tercantum dalam 'Al-Musnad'. (Selesai)

وَقَدْ زَادَ فِيْهِ ابْنُهُ عَبْدُ اللهِ زِيَادَاتٍ لَيْسَتْ مِنْ رِوَايَةِ أَبِيْهِ، وَتُعْرَفُ بِزَوَائِدِ عَبْدِ اللهِ، وَزَادَ فِيْهِ أَيْضاً أَبُو بَكْرٍ القَطِيْعِي الَّذِيْ رَوَاهُ عَنْ عَبْدِ اللهِ عَنْ أَبِيْهِ زِيَادَاتٍ عَنْ غَيْرِ عَبْدِ اللهِ وَأَبِيْهِ.

Dan putra beliau 'Abdullah Ibnu Ahmad -rahimahumallah- memberikan tambahan yang bukan merupakan riwayat bapaknya. Dan tambahan tersebut dikenal dengan "Zawaid 'Abdullah". Dan Abu Bakr Al-Qathi'i -rahimahullah- juga memberikan tambahan pada musnad tersebut yang ia riwayatkan dari 'Abdillah dari bapaknya dengan tambahan dari selain 'Abdullah dan bapaknya.

وَيَبْلُغُ عَدَدُ أَحَادِيْثِ الْمُسْنَدِ بِالمُكَرَّرِ نَحْوَ (40000) أَرْبَعِيْنَ أَلْفِ حَدِيْثٍ، وَبِحَذْفِ الْمُكَرَّرِ (30000) ثَلَاثِيْنَ أَلْفِ حَدِيْثٍ.

Dan jumlah hadits-hadits dalam musnad tersebut secara berulang mecapai sekitar (40.000) hadits. Dan dengan tanpa berulang mencapai (30.000) hadits.

آرَاءُ الْعُلَمَاءِ فِيْ أَحَادِيْثِ الْمُسْنَدِ:

Pendapat para ulama mengenai hadits-hadits dalam Al-Musnad.

لِلْعُلَمَاءِ فِيْ أَحَادِيْثِ الْمُسْنَدِ ثَلَاثَةُ آرَاء:

Para ulama, berkaitan dengan hadits-hadits dalam Al-Musnad, mereka memiliki tiga pendapat.

الأَوَّلُ_ أَنَّ جَمِيْعَ مَا فِيْهِ مِنَ الْأَحَادِيْثَ حُجَّةٌ.

Pertama.
Bahwa seluruh hadits-hadits yang terdapat dalam Al-Musnad adalah hujjah.

الثَّانِي_ أَنَّ فِيْهِ الصَّحِيْحُ وَالضَّعِيْفُ وَالْمَوْضُوْعُ، وَقَدْ ذَكَرَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ فِيْ "الْمَوْضُوْعَاتِ" تِسْعَةً وَعِشْرِيْنَ حَدِيْثاً مِنْهُ، وَزَادَ الْعِرَاقِيُّ عَلَيْهَا تِسْعَةَ أَحَادِيْثَ، وَجَمَعَهَا فِيْ جُزْءٍ.

Kedua.
Bahwa di dalam Al-Musnad terdapat hadits yang shahih, dha'if dan maudhu' (palsu). Telah disebutkan oleh Ibnu Al-Jauzi -rahimahullah- dalam "Al-Maudhu'at" sebanyak (29) hadits dari musnad tersebut, dan Al-'Iraqi -rahimahullah- menambahkan sebanyak Sembilan hadits, dan menghimpunnya dalam satu juz tersendiri.

الثَّالِثُ_ أَنَّ فِيْهِ الصَّحِيْحُ وَالضَّعِيْفُ الَّذِيْ يَقْرُبُ مِنَ الْحَسَنِ، وَلَيْسَ فِيْهِ مَوْضُوْعٌ، وَقَدْ ذَهَبَ إِلَى هَذَا الْقَوْلِ شَيْخُ الْإِسْلَامِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ وَالذَّهَبِيُّ وَالْحَافِظُ ابْنُ حَجَرَ وَالسُّيُوْطِيُّ.

Ketiga.
Bahwa di dalam Al-Musnad terdapat hadits yang shahih, dan dha'if yang mendekati hasan. Dan tidak terdapat didalamnya hadits maudhu' (palsu). Ibnu Taimiyyah, Adz-Dzahabi, Ibnu Hajar dan As-Suyuthi -rahimahumullahu- telah berpendapat dengan pendapat ini.  

وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ: شَرْطُ أَحْمَدَ فِيْ "المُسْنَدِ" أَقْوَى مِنْ شَرْطِ أَبِيْ دَاوُدَ فِيْ "سُنَنِهِ"، وَقَدْ رَوَى أَبُوْ دَاوُدَ عَنْ رِجَالٍ أَعْرَضَ عَنْهُمْ فِي "المُسْنَدِ"، وَقَدْ شَرَطَ أَحْمَدُ فِي "المُسْنَدِ" أَنْ لَا يَرْوِيَ عَنِ الْمَعْرُوْفِيْنَ بِالكَذْبِ عِنْدَهُ، وَإِنْ كَانَ فِيْ ذَلِكَ مَا هُوَ ضَعِيْفٌ، ثُمَّ زَادَ عَلَيْهِ ابْنُهُ عَبْدُ اللهِ وَأَبُوْ بَكْرٍ القَطِيْعِي زِيَادَاتٍ، ضُمَّتْ إِلَيْهِ، وَفِيْهَا كَثِيْرٌ مِنَ الْأَحَادِيْثِ الْمَوْضُوْعَةِ، فَظَنَّ مَنْ لَا عِلْمَ عِنْدَهُ أَنَّ ذَلِكَ مِنْ رِوَايَةِ أَحْمَدَ فِي مُسْنَدِهِ . اهـ

Berkata Ibnu Taimiyyah -rahimahullahu-: "syarat Imam Ahmad dalam musnad beliau lebih kuat ketimbang syarat Imam Abu Dawud dalam sunan-nya. Imam Abu Dawud telah meriwayatkan dari sejumlah perawi yang Imam Ahmad berpaling dari para perawi tersebut. Dan Imam Ahmad telah mempersyaratkan dalam musnad beliau untuk tidak meriwayatkan dari para perawi yang dikenal dengan dusta di sisi beliau. Walaupun padanya terdapat sesuatu yang dha'if. Kemudian putra beliau Abdullah dan Abu Bakr Al-Qathi'i memberikan tambahan-tambahan yang dimasukkan ke dalam Al-Musnad. Dan pada tambahan-tambahan tersebut banyak hadits-hadits yang maudhu' (palsu). Sehingga orang yang tidak memiliki pengetahuan tersebut akan menyangka, bahwa itu termasuk riwayat Ahmad dalam musnad beliau. (Selesai)

وَبِمَا ذَكَرَهُ شَيْخُ الْإِسْلَامِ رَحِمَهُ اللهُ يَتَبَيَّنُ أَنَّهُ يُمْكِنُ التَّوْفِيْقُ بَيْنَ الآرَاءِ الثَّلاَثَةِ، فَمَنْ قَالَ: إِنَّ فِيْهِ الصَّحِيْح وَالضَّعِيْف، لَا يُنَافِي الْقَوْلَ بِأَنَّ جَمِيْعَ مَا فِيْهِ حُجَّةٌ؛ لِأَنَّ الضَّعِيْفَ إِذَا صَارَ حَسَناً لِغَيْرِهِ يَكُوْنُ حُجَّةً، وَمَنْ قَالَ: إِنَّ فِيْهِ الْمُوْضُوْع حُمِلَ عَلَى مَا فِي زِيَادَاتِ عَبْدِ اللهِ وَأَبِيْ بَكْرٍ القَطِيْعِي.

Dengan apa yang disebutkan oleh Ibnu Taimiyyah rahimahullah, maka jelaslah akan mungkinnya mengompromikan antara tiga pendapat tersebut. Maka siapa yang berpendapat bahwa dalam Al-Musnad terdapat hadits shahih dan dha'if, hal ini tidak menafikkan pendapat yang mengatakan bahwa seluruh yang terdapat dalam Al-Musnad adalah hujjah, karena dha'if apabila telah menjadi hasan lighairih maka ia menjadi hujjah. Dan siapa yang berpendapat sesunguhnya padanya terdapat hadits maudhu' (palsu), maka hal tersebut diarahkan kepada 'Ziayadat 'Abdullah dan Abu Bakr Al-Qathi'i'.

وَقَدْ صَنَّفَ الْحَافِظُ ابْنُ حَجَرَ كِتَاباً سَمَّاهُ: "الْقَوْلُ الْمُسَدَّدُ فِي الذَّبِّ عَنِ المُسْنَدِ" ذَكَرَ فِيْهِ الْأَحَادِيْثَ الَّتِيْ حَكَمَ العِرَاقِيُّ عَلَيْهَا بِالْوَضْعِ، وَأَضَافَ إِلَيْهَا خَمْسَةَ عَشَرَ حَدِيْثاً مِمَّا ذَكَرَهُ ابْنُ الْجَوْزِيِّ ثُمَّ أَجَابَ عَنْهَا حَدِيْثاً حَدِيْثاً.

Al-hafizh Ibnu Hajar -rahimahullahu- telah menyusun sebuah kitab yang beliau namakan "Al-Qaulu Al-Musaddad Fi Dzabbi 'An Al-Musnad". Beliau mnyebutkan di dalamnya hadits-hadits yang dihukumi oleh Al-'Iraqi -rahimahullah- sebagai hadhis maudhu'. Dan beliau juga menambahkan padanya lima belas hadits yang disebutkan  oleh Ibnu Al-Jauzi -rahimahullah- (Dalan "Al-Maudhu'at"). Kemudian beliau memberikan jawaban terhadapnya sehadits demi sehadits.

وَعَقَبَ السُّيُوْطِيُّ عَلَيْهِ بِمَا فَاتَهُ مِمَّا ذَكَرَهُ ابْنُ الْجَوْزِيِّ، وَهِيَ أَرْبَعَةَ عَشَرَ حَدِيْثاً فِيْ جُزْءٍ سَمَّاهُ: "الذَّيْلُ الْمُمَهَّدُ".

Dan As-Suyuthi -rahimahullah- memberikan komentar (tambahan) setelahnya terhadap karya tersebut dengan sesuatu yang Ibnu Hajar -rahimahullahu- terluputkan dari apa-apa yang disebutkan oleh Ibnu Al-Jauzi -rahimahullah-, dan yang terluputkan tersebut berjumlah empat belas hadits dalam satu juz tersendiri yang beliau namakan "Adz-Dzail Al-Mumahhad".

هَذَا وَقَدْ تَنَاوَلَ الْعُلَمَاءُ هَذَا المُسْنَدَ بِالتَّصْنِيْفِ عَلَيْهِ مَا بَيْنَ مُخْتَصَرٍ لَهُ، وَشَارِحٍ، وَمُفَسَّرٍ، وَمُرَتَّبٍ، وَمِنْ أَحْسَنِهَا "الفَتْحُ الرَّبَّانِيُّ لِتَرْتِيْبِ مُسْنَدِ الْإِمَامِ أَحَمْدَ بْنِ حَنْبَلٍ الشَّيْبَانِيِّ"، الَّذِيْ أَلَّفَهُ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْبَنَّا، الشَّهِيْرُ بِالسَّاعَاتِي.

Para ulama telah mempelajari musnad ini dengan menyusunnya baik dengan meringkasnya, atau men-syarahnya, atau menjelaskannya, atau dengen mentertibkannya. Dan di antara yang terbaik pada karya-karya tersebut adalah "Al-Fathu Ar-Rabbani Li Tartib Musnad Al-Imam Ahmad Ibnu Hambal Asy-Syaibani". Yang disusun oleh Ahmad Ibnu 'Abdir Rahman Al-Banna, yang dikenal dengan As-Sa'atiy.  

جَعَلَهُ سَبْعَةَ أَقْسَامٍ، أَوَّلُهَا: قِسْمُ التَّوْحِيْدِ وَأُصُوْلِ الدِّيْنِ. وَآخِرُهَا: قِسْمُ الْقِيَامَةِ وَأَحْوَالِ الْآخِرَةِ. وَرَتَّبَهُ عَلَى الْأَبْوَابِ تَرْتِيْباً حَسَناً، وَأَتَمَّهُ بِوَضْعِ شَرْحٍ عَلَيْهِ سَمَّاهُ "بُلُوْغُ الْأَمَانِيِّ مِنْ أَسْرَارِ الْفَتْحِ الرَّبَّانِيِّ"، وَهُوَ اسْمٌ مُطَابِقٌ لِمُسَمَّاهُ، فَإِنَّهُ مُفِيْدٌ جِدًّا مِنَ النَّاحِيَتَيْنِ الْحَدِيْثِيَّةِ وَالْفِقْهِيَّةِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Beliau menjadikan karya tersebut ke dalam tujuh bagian. Pertama: bagian seputar tauhid dan ushul din. Dan yang terakhir: bagian seputar hari kiamat dan keadaan-keadaan akhirat. Dan beliau mentertibkannya di atas berbagai bab dengan tartib yang bagus. Dan beliau menyempurnakannya dengan memberikan syarh kepadanya yang beliau namakan "Bulugh Al-Amali Min Asrar Al-Fath Ar-Rabbani". Dan nama tersebut adalah nama yang serasi dengan penamaannya. Seseungguhnya kitab tersebut sangat berfaidah dari dua segi: haditsiyah dan fiqhiyah. Walhamdulillah Rabbil 'alamin.  

* أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ.

Imam Ahmad Ibnu Hambal rahimahullahu.

هُوَ الْإِمَامُ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ بْنِ حَنْبَلٍ الشَّيْبَانِيِّ الْمَرْوَزِيِّ ثُمَّ الْبَغْدَادِيِّ.

Beliau adalah Abu 'Abdillah Ahmad Ibnu Muhammad Ibnu Hambal Asy-Syaibani Al-Marwazy kemudian Al-Baghdadi.

وُلِدَ سَنَةَ 164هـ فِيْ مَرْوٍ ثُمَّ حُمِلَ إِلَى بَغْدَادَ وَهُوَ رَضِيْعٌ، وَقِيْلَ: وُلِدَ فِيْ بَغْدَادَ، نَشَأَ يَتِيْماً وَطَافَ بِالْبِلَادِ وَالْآفَاقِ لِطَلَبِ الْحَدِيْثِ؛ فَسَمِعَ مِنْ مَشَايِخِ الْعَصْرِ فِي الْحِجَازِ وَالْعِرَاقِ وَالشَّامِ وَاليَمَنِ، وَعَنَي عِنَايَةً عَظِيْمَةً بِالسُّنَّة ِوَالْفِقْهِ حَتَّى عَدَّهُ أَهْلُ الْحَدِيْثِ إِمَامَهُمْ وَفَقِيْهَهُمْ، وَقَدْ أَثْنَى عَلَيْهِ الْعُلَمَاءُ فِيْ عَصْرِهِ وَبَعْدَهُ.

Beliau dilahirkan pada tahun (164 H) di Marwi, kemudian pindah ke Baghdad dalam keadaan beliau masih menyusu. Ada juga yang mengatakan: beliau dilahirkan di Baghdad. Tumbuh dalam keadaan yatim. Beliau mengelilingi berbagai negeri dan daerah guna mencari hadits. Beliau mendengar dari berbagai masyaikh zamannya di Hijaz, 'Iraq, Syam dan Yaman. Beliau memiliki perhatian yang tinggi terhadap sunnah dan fiqih, sampai-sampai ahlul hadits menjulukinya sebagai imam dan faqihnya mereka. Dan sungguh para ulama telah memujinya baik di zamannya maupun yang setelahnya.   

فَقَالَ الشَّافِعِيُّ: خَرَجْتُ مِنَ الْعِرَاقِ، فَمَا رَأَيْتُ رَجُلاً أَفْضَلَ، وَلَا أَعْلَمَ، وَلَا أَوْرَعَ، وَلَا أَتْقَى مِنْ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ.

Berkata Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah: "aku keluar dari 'Iraq, maka aku tidak mendapati seorangpun yang lebih utama, tidak pula lebih wara', tidak pula lebih berilmu dan tidak pula lebih bertaqwa dari Ahmad Ibnu Hambal rahimahullahu."

وَقَالَ إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْه: أَحْمَدُ حُجَّةٌ بَيْنَ اللهِ وَبَيْنَ عَبِيْدِهِ فِيْ أَرْضِهِ.

Berkata Ishaq Ibnu Rahawaih rahimahullahu: "Ahmad Ibnu Hambal adalah hujjah antara Allah dan antara hamba-Nya di bumi-Nya."

وَقَالَ ابْنُ الْمَدِيْنِي: إِنَّ اللهَ أَيَّدَ هَذَا الدِّيْنَ بِأَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَوْمَ الرِّدَّةِ، وَبِأَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ رَحِمَهُ اللهُ يَوْمَ الْمِحْنَةِ.

Dan berkata 'Ali Ibnu Al-Madini rahimahullahu: "sesungguhnya Allah mengokohkan agama ini dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu 'anhu pada hari 'Ar-Riddah', dan dengan Ahmad Ibnu Hambal rahimahullah pada hari 'Al-Mihnah'."

وَقَالَ الذَّهَبِيُّ: انْتَهَتْ إِلَيْهِ الْإمَامَةُ فِي الْفِقْهِ، وَالْحَدِيْثِ، وَالْإِخْلَاصِ، وَالْوَرَعِ وَأَجْمَعُوْا عَلَى أَنَّهُ ثِقَةٌ حُجَّةٌ إِمَامٌ. اهـ.

Dan berkata Adz-Dzahabi rahimahullahu: "selesai kepada beliau kepemimpinan dalam fiqih, hadits, ikhlash dan wara'. Para ulama bersepakat bahwa beliau adalah tsiqah, hujjah dan imam. (Selesai)

تُوُفِّيَ فِيْ بَغْدَادَ سَنَةَ 241هـ عَنْ سَبْعَةٍ وَسَبْعِيْنَ عَاماً.

Beliau diwafatkan di Baghdad pada tahun (241 H) pada usia beliau yang ke (77) tahun

وَقَدْ خَلَّفَ لِلْأُمَّةِ عِلْماً كَثِيْراً، وَمَنْهَجاً قَوِيْماً، رَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْراً.

Sungguh beliau telah mewariskan ilmu yang banyak untuk ummat, dan manhaj yang lurus. Rahimahullahu wa jazahu 'anil muslimina khaira.

Wallahu a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.

Akhukum fillah :
Abu Muhammad Mubaarok Al-Atsary
Sabtu, 11  - Jumadil Awal - 1437 H / 20 - 02 - 2016 M

0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.