Translate

Kamis, 03 Maret 2016

Pujian Ringkas Teruntuk Faqih Al-Yaman.



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

الثناء المختصر على فقيه اليمن

"Pujian Ringkas Teruntuk Faqih Al-Yaman -rahimahullahu-"

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على خير خلق الله أجمعين وعلى آله وصحبه والتابعين.

Segala pujian hanyalah milik Allah Rabb semesta alam. Dan semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah atas sebaik-baik makhluq seluruhnya, atas keluarga dan para shahabatnya serta para tabi'in.

أما بعد: فقد عرفت الشيخ الفاضل العلامة الفقيه عبد الرحمن بن عمر مرعي العدني عن كثب، فرأينا فيه علما وحلما، وزهدا، وورعا، وتقا, وهمة عالية في خدمة هذا الدين، ورأينا فيه الخلق النبيل, والآداب الرفيع, كما رأينا فيه المحبة والتقدير والإكرام والإجلال لأهل السنة عموما، ولطلبة العلم خصوصا، ولأهل العلم على وجه أخص.

Amma Ba'du: sungguh aku mengenal Asy-Syaikh Al-Fadhil Al-'Allamah Al-Faqih 'Abdur Rahman Ibnu 'Umar Mar'i Al-'Adani -rahimahullahu- secara dekat, aku melihat (terdapat) pada beliau keilmuan, kesantunan, kezuhudan, kehati-hatian dan ketaqwaan serta semangat yang tinggi dalam berkhidmat untuk agama. Dan aku melihat (terdapat) pada beliau akhlaq yang mulya dan adab yang tinggi, sebagaimana aku melihat (terdapat) pada beliau kecintaan, penghormatan, pemulyaan dan pengagungkan terhadap ahlus sunnah secara umum, dan terhadap para penuntut ilmu secara khusus, dan terlebih khusus lagi terhadap ahlul ilmi.

وقد التقيت به مع إخواني مشايخ أهل السنة في اليمن، لتدارس بعض القضايا عدة مرات، كما التقيت به في جلسات خاصة بيني وبينه.

Dan aku telah berjumpa dengan beliau bersama saudara-saudaraku dari kalangan para masyaikh ahlus sunnah di Yaman, untuk mempelajari sebagian perkara beberapa kali, sebagaimana aku juga telah berjumpa dengan beliau dalam beberapa majelis khusus hanya aku dan beliau.

فرأيت فيه: فقها دقيقا في الدين، وإلماما واسعا في النوازل والقضايا العصرية، وثباتا على السنة، ولزوما لغرز العلماء، مع سعة صدر للنقاش، للوصول إلى معرفة الحق والأخذ به والسير عليه.

Maka aku melihat pada beliau (terdapat): fiqih yang dalam dan pemahaman yang luas dalam berbagai kejadian dan dalam perkara-perkara kontemporer. Beliau seorang yang kokoh di atas sunnah dan senantiasa bersama arahan para ulama. Dan senantiasa berlapang dada dalam berdiskusi untuk meraih pengetahuan terhadap kebenaran dan mengambilnya serta berjalan diatasnya.   

ولا ننسى أن الشيخ عبد الرحمن أحد المشاييخ الذين وصى شيخنا الوادعي بالرجوع إليهم عند الفتن وغيرها، وكذا أوصى بذالك الشيخ العلامة الوصابي.

Dan tidak lupa pula, bahwa Asy-Syaikh 'Abdur Rahman -rahimahullahu- adalah termasuk salah satu dari masyaikh yang diwashiatkan oleh Asy-Syaikh Muqbil Al-Wadi'i -rahimahullahu- untuk kembali kepada mereka tatkala terjadi fitnah dan selainnya. Demikian juga hal tersebut diwashiatkan oleh Asy-Syaikh Al-'Allamah Al-Wushabi -rahimahullahu-.

وأقول لتلاميذه ومحبيه: إن الشيخ ترك صرحا شامخا وعلما واسعا، فمن كان يحب هذا الشيخ الجليل فليحافظ على مواصلة الخير الذي كان عليه من العلم والتعليم والدعوة، وليبذل قصارى جهده في نشر علمه.

Dan aku katakan kepada murid-murid dan orang-orang yang mencintai beliau: sesungguhnya Asy-Syaikh meninggalkan istana yang tinggi dan ilmu yang luas, maka barang siapa yang mencintai Asy-Syaikh yang mulya ini, hendaknya ia menjaga untuk senantiasa terus menerus dalam kebaikan yang Asy-Syaikh berada diatasnya berupa belajar, mengajar dan berdakwah, dan mengerahkan segenap kemampuan untuk menyebarkan ilmunya.

تنبيه: قد يحصل بين الشيخ وبين بعض تلاميذه أو إخوانه بعض الاختلاف في وجهات النظر وقد ينزغ الشيطان، فنصيحتي لمن حصل بينه وبين الشيخ بعض الشيء أن يسامحه، فقد قدم إلى رب غفور.
وفق الله الجميع لما يحب ويرضى

Perhatian: telah terjadi sedikit perselisihan antara Asy-Syaikh dan antara sebagian para murid atau sebagian para saudara beliau dalam beberapa segi sudut pandang, yang telah terhasut oleh syaithan, maka nashihatku bagi yang terjadi sesuatu antara ia dan antara Asy-Syaikh, hendaknya ia memaafkannya. Dan sungguh beliau telah kembali ke Rabb Yang Maha Pengampun.

Semoga Allah memberikan taufiq untuk kita semua kepada apa-apa yang Ia cinta dan yang Ia ridha.        

التاريخ: (22/جمادى الأولى/1437 هـ)
محمد بن عبد الله الإمام
دار الحديث بمعبر

Tertanggal: (22 - Jumadul Ula - 1437 H)
Muhammad bin Abdillah Al-Imam -hafizhahullahu-
Dar Al-Hadits Ma'bar Yemen -harasahallahu-

Dialih bahasakan oleh:
Al-Faqir Ila Maghfirati Rabbih Mubaarok Al-Atsary
(Bertepatan dengan tanggal: 02 - 03 - 2016 M)

Untuk mengunduh Format PDF dan suara Asy-Syaikh Al-Imam -hafizhahullahu- silahkan kunjungi link berikut: DONLOD PDF atau DONLOD SUARA


0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.