SUNAN IBNU MAJAH
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Berkata asy-syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :
6_ سُنَنُ ابْنِ مَاجَه:
Sunan Ibnu
Majah.
كِتَابٌ
جَمَعَهُ مُؤَلِّفُهُ مُرَتَّباً عَلَى الْأَبْوَابِ يَبْلُغُ نَحْوَ وَاحِدٍ وَأَرْبَعِيْنَ
وَثَلَاثِمِائَةٍ وَأَرْبَعَةِ آلَافِ حَدِيْثٍ (4341).
Adalah sebuah
kitab yang disusun oleh penulisnya dengan tertib di atas berbagai bab yang
mencapai 4.341 hadits.
وَالْمَشْهُوْرُ
عِنْدَ كَثِيْرٍ مِنَ الْمُتَأَخِرِيْنَ أَنَّهُ السَّادِسُ مِنْ كُتُبِ أُصُوْلِ الْحَدِيْثِ
(الأُمَّهَاتُ السِّتُ)، إِلَّا أَنَّهُ أَقَلُّ رُتْبَةً مِنَ "السُّنَنِ":
"سُنَنِ النَّسَائِي وَأَبِي دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي"، حَتَّى كَانَ مِنَ
الْمَشْهُوْرِ أَنَّ مَا انْفَرَدَ بِهِ يَكُوْنُ ضَعِيْفاً غَالِباً.
Dan yang
masyhur di kalangan mutaakhirin, kitab tersebut adalah urutan keenam dari kitab-kitab
induk hadits (kitab induk yang enam _red)
, hanya saja kedudukannya berada di bawah kitab-kitab "sunan": "Sunan
An-Nasai, Abu Dawud dan At-Tirmidzi". Bahkan masyhur juga, apabila Ibnu Majah bersendirian pada suatu hadits,
maka rata-rata haditsnya adalah lemah.
إِلَّا
أَنَّ الْحَافِظَ ابْنَ حَجَرٍ قَالَ: لَيْسَ الْأَمْرُ فِيْ ذَلِكَ عَلَى إِطْلَاقِهِ
بِاسْتِقْرَائِي، وَفِيْ الْجُمْلَةِ فَفِيْهِ أَحَادِيْثُ كَثِيْرَةٌ مُنْكَرَةٌ،
وَاللهُ الْمُسْتَعَانُ. اهـ.
Akan tetapi Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullahu berkata: hal
tersebut berdasarkan penelitianku tidaklah secara muthlak, dan secara global
memang terdapat padanya hadits-hadits mugkar yang banyak. Wallahu al-musta'an.
(Selesai)
وَقَالَ
الذَّهَبِيُّ: فِيْهِ مَنَاكِيْرُ وَقَلِيْلٌ مِنَ الْمَوْضُوْعَاتِ. اهـ.
Dan Adz-Dzahabi rahimahullahu juga berkata:
didalamnya terdapat hadits-hadits munkar dan sedikit hadits-hadits palsu.
(Selesai)
وَقَالَ
السُّيُوْطِيُّ: إِنَّهُ تَفَرَّدَ بِإِخْرَاجِ الْحَدِيْثِ عَنْ رِجَالٍ مُتَّهَمِيْنَ
بِالْكَذْبِ، وَسَرَقَةِ الْأَحَادِيْثِ، وَبَعْضُ تِلْكَ الْأَحَادِيْثِ لَا تُعْرَفُ
إِلَّا مِنْ جِهَتِهِمْ.
Imam
As-Suyuthi rahimahullah juga berkata: beliau (Ibnu Majah _pent)
bersendirian mengeluarkan hadits dari para perawi yang tertuduh berdusta, dan
dari para pencuri hadits. Dan sebagian hadits-hadits tersebut tidak diketahui
melainkan melalui para perawi tersebut.
وَأَكْثَرُ
أَحَادِيْثِهِ قَدْ شَارَكَهُ فِيْ إِخْرَاجِهَا أَصْحَابُ الْكُتُبِ السِّتَّةِ كُلُّهُمْ،
أَوْ بَعْضُهُمْ، وَانْفَرَدَ عَنْهُمْ بِتِسْعَةٍ وَثَلَاثِيْنَ وَثَلَاثِمِائَةٍ
وَأَلْفِ حَدِيْثٍ (1339) كَمَا حَقَّقَ ذَلِكَ الْأُسْتَاذُ مُحَمَّدٌ فُؤَادٍ عَبْدِ
الْبَاقِي رَحِمَهُ اللهُ.
Mayoritas
hadits-hadits Ibnu majah, para
pemilik kutub sittah seluruhnya atau sebagian mereka juga berserikat
mengeluarkan hadits-hadits tersebut. Dan Ibnu
Majah rahimahullah bersendirian dari mereka dengan 1.339 hadits, sebagaimana hal tersebut ditahqiq oleh Al-Ustadz Muhammad Fuad 'Abdul Baqi rahimahullahu.
* ابْنُ مَاجَه:
Imam Ibnu Majah rahimahullahu.
هُوَ
أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدٌ بْنُ يَزِيْدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَاجَه (بِالْهَاءِ
السَّاكِنَةِ وَيُقَالُ بِالتَّاءِ) الرَّبْعِي - مَوْلَاهُمْ - الْقَزْوِيْنِي.
Beliau adalah Abu 'Abdillah Muhammad Ibnu Yazid Ibnu 'Abdillah Ibnu
Majah (dengan 'ha' yang disukun, dan ada yang mengatakan dengan 'ta'
_red) Ar-Rab'i -maula mereka- Al-Qazwini.
وُلِدَ
فِيْ قَزْوِيْنَ (مِنْ عِرَاقِ الْعَجَمِ) سَنَةَ 209هـ، وَارْتَحَلَ فِيْ طَلَبِ الْحَدِيْثِ
إِلَى الرَّيْ وَالْبَصْرَةِ وَالْكُوْفَةِ وَبَغْدَادَ وَالشَّامِ وَمِصْرَ وَالْحِجَازِ،
وَأَخَذَ عَنْ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِهَا.
Beliau
dilahirkan di Qazwin (masuk wilayah 'Iraq 'Ajam) pada tahun 209 hijrah nabawiyyah. Dan beliau melakukan perjalanan
untuk mencari hadits ke Rai (Teheran _pent),
Bashrah, Kufah, Baghdad, Syam, Mesir dan Hijaz. Beliau mengambil dari banyak
para penduduknya.
تُوُفِّيَ
سَنَةَ 273هـ عَنْ أَرْبَعٍ وَسِتِّيْنَ سَنَةً.
Beliau
diwafatkan pada tahun 273 hijrah nabawiyyah pada
usia beliau yang ke 64 tahun.
لَهُ
عَدَدٌ مِنَ التَّصَانِيْفِ النَّافِعَةِ، رَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ
خَيْراً.
Beliau
memiliki sejumlah karya-karya yang bermanfaat. Rahimahullahu wajazahu 'anil
muslimina khaira.
Wallahu
a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.
Akhukum fillah :
Ahad, 27 - Rabi'uts Tsani - 1437 H / 09 - 02 - 2016 M
Baca Juga :
--------------------------
0 komentar:
Posting Komentar