(Bagian Kedua)
PERTEMUAN : KE-LIMA
BUKU :
MUSTHALAH AL-HADITS
KARYA : IBNU
‘UTSAIMIN RAHIMAHULLAH
____________
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
"SHAHABAT YANG
PALING TERAKHIR WAFAT & FAIDAH MENGETAHUINYA"
Berkata
Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah
:
ج_ وَآخِرُ الصَّحَابَةِ مَوْتاً عَلَى الإِطْلَاقِ
C).
Shahabat Nabi Yang Paling Terakhir Wafat Secara Muthlaq.
عَامِرٌ بْنُ وَاثِلَةٍ اللَّيْثِيِّ مَاتَ بِمَكَّةَ سَنَةَ 110 مِنَ
الْهِجْرَةِ، فَهُوَ آخِرُ مَنْ مَاتَ بِمَكَّةَ
'Amir
Ibnu Watsilah Al-Laitsi radhiallahu 'anhu, beliau wafat
di Makkah pada tahun 110 (seratus sepuluh) hijrah nabawiyah. Beliau adalah
shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Makkah.
وَآخِرُ مَنْ مَاتَ بِالْمَدِيْنَةِ: مَحْمُوْدٌ بْنُ الرَّبِيْعِ الْأَنْصَارِيِّ
الْخَزْرَجِيِّ مَاتَ سَنَةَ 99هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Madinah
adalah: Mahmud Ibnu Rabi' Al-Anshari Al-Khazraji radhiallahu
'anhu. Beliau wafat pada tahun 99 (sembilan
puluh sembilan) hijrah nabawiyah.
وَآخِرُ مَنْ مَاتَ بِالشَّامِ فِيْ دِمَشْقَ: وَاثِلَةٌ بْنُ الْأَسْقَعِ
اللَّيْثِيِّ مَاتَ سَنَةَ 86هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di negeri
Syam kota Damasykus adalah: Watsilah Ibnul Asqa'
Al-Laitsi radhiallahu 'anhu.
Beliau wafat pada tahun 86 (delapan puluh enam) hijrah nabawiyah.
وَفِيْ حِمْصٍ: عَبْدُ اللهِ بْنُ بِسْرٍ المَازِنِيِّ سَنَةَ 96هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Himsh
adalah: 'Abdullah Ibnu Bisr Al-Mazini radhiallahu 'anhu. Beliau wafat pada tahun 96 (sembilan puluh
enam) hijrah nabawiyah.
وَآخِرُ مَنْ مَاتَ بِالْبَصْرَةِ: أَنَسٌ بْنُ مَالِكٍ الأَنْصَارِيِّ
الْخَزْرَجِيِّ مَاتَ سَنَةَ 93هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Bashrah
adalah: Anas Ibnu Malik Al-Anshari Al-Khazraji radhiallahu
'anhu. Beliau wafat pada tahun 93
(sembilan puluh tiga) hijrah nabawiyah.
وَآخِرُ مَنْ مَاتَ بِالْكُوْفَةِ: عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِيْ أَوْفَى
الأَسْلَمِيِّ مَاتَ سَنَةَ 87هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Kufah adalah: 'Abdullah Ibnu Abi Aufa Al-Aslami radhiallahu 'anhu. Beliau wafat pada tahun 87 (delapan puluh
tujuh) hijrah nabawiyah.
وَآخِرُ مَنْ مَاتَ بِمِصْرَ: عَبْدُ اللهِ بْنُ الْحَارِثِ بْنِ جُزْءٍ
الزَّبِيْدِيِّ مَاتَ سَنَةَ 89هـ
Dan shahabat nabi yang paling terakhir wafat di Meshir
adalah: 'Abdullah Ibnul Harits Ibnu Juz Az-Zabidi radhiallahu
'anhu. Beliau wafat pada tahun 89
(delapan puluh sembilan) hijrah nabawiyah.
وَلَمْ يَبْقَ مِنْهُمْ أَحَدٌ بَعْدَ سَنَةِ عَشْر وَمِئَة؛ لِقَوْلِ
ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فِيْ آخِرِ حَيَاتِهِ فَلَمَّا سَلَّمَ قَامَ فَقَالَ: "أَرَأَيْتَكُمْ
لَيْلَتَكُمْ هَذِهِ فَإِنَّ رَأْسَ مِئَةِ سَنَةٍ مِنْهَا، لَا يَبْقَى مِمَّنْ هُوَ
الْيَوْمَ عَلَى ظَهْرِ الْأَرْضِ أَحَدٌ". مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Tidak tersisa
seorangpun dari shahabat nabi shallallahu
'alaihi wasallam setelah tahun seratus sepuluh hijrah nabawiyah; sebagaimana
dijelasakan oleh ucapan Ibnu 'Umar radhiallahu 'anhuma:
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat
bersama kami di akhir hayat beliau, dan tatkala seusai salam, beliau berdiri
kemudian bersabda:
"أَرَأَيْتَكُمْ
لَيْلَتَكُمْ هَذِهِ فَإِنَّ رَأْسَ مِئَةِ سَنَةٍ مِنْهَا، لَا يَبْقَى مِمَّنْ هُوَ
الْيَوْمَ عَلَى ظَهْرِ الْأَرْضِ أَحَدٌ"
"Tidakkah
kalian perhatikan malam kalian ini?. Sesungguhnya pada setiap peghujung seratus
tahun darinya, tidak akan tersisa
seorangpun yang hari ini berada di atas muka bumi ini."
وَكَانَ ذَلِكَ قَبْلَ مَوْتِهِ بِشَهْرٍ. كَمَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ مِنْ
حَدِيْثِ جَابِرٍ
Dan kejadian
hal tersebut adalah satu bulan sebelum wafat beliau
shallallahu 'alaihi wasallam. Sebagaimana diriwayatkan oleh imam Muslim rahimahullah dari hadits Jabir radhiallahu 'anhu.
"Faidah Mengetahui Shahabat Yang Paling Terakhir Wafatnya"
Kemudian
berkata asy-syaikh rahimahullah :
وَفَائِدَةُ مَعْرِفَةِ آخِرِ الصَّحَابَةِ مَوْتاً أَمْرَانِ
Faidah
Mengetahui Shahabat Yang Paling Terakhir Wafatnya, ada dua hal :
أَحَدُهُمَا: أَنَّ مَنْ تَأَخَّرَ مَوْتُهُ عَنْ هَذِهِ الْغَايَةِ لَمْ
تُقْبَلْ مِنْهُ دَعْوَى الصُّحْبَةِ
Pertama.
Siapa yang
wafat setelah batas ini, maka tidak diterima pengakuannya sebagai shahabat
nabi.
الثَّانِيُّ: أَنَّ مَنْ لَمْ يُدْرِكِ التَّمْيِيْزَ قَبْلَ هَذِهِ
الْغَايَةِ فَحَدِيْثُهُ عَنِ الصَّحَابَةِ مُنْقَطِعٌ
Kedua.
Siapa
yang belum mencapai usia tamyiz sebelum batas ini, maka haditsnya dari shahabat
adalah terputus.
Wallahu
a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.
Akhukum fillah :
Rabu, 21 - Muharram - 1437 H / 04 - 10 - 2015 M
0 komentar:
Posting Komentar