(Bagian Kedua)
PERTEMUAN : KE-SEPULUH
BUKU :
MUSTHALAH AL-HADITS
KARYA : IBNU
‘UTSAIMIN RAHIMAHULLAH
____________
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
"SANAD
TERSHAHIH"
Berkata
Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah
:
ج_ أَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ.
وَالتَّحْقِيْقُ أَنَّهُ لَا يُحْكَمُ لِإِسْنَادٍ مُعَيَّنٍ بِكَوْنِهِ
أَصَحَّ الْأَسَانِيْدِ، وَإِنَّمَا يُحْكَمُ لَهُ بِذَلِكَ بِالنِّسْبَةِ إِلَى
الصَّحَابِيِّ أَوِ الْبَلَدِ أَوِ الْمَوْضُوْعِ، فَيُقَالُ: أَصَحُّ أَسَانِيْدِ
أَبِيْ بَكْرٍ، أَصَحُّ أَسَانِيْدِ أَهْلِ الْحِجَازِ، أَصَحُّ أَسَانِيْدِ حَدِيْثِ
النُّزُوْلِ، وَقَدْ ذَكَرُوْا أَصَحَّ الْأَسَانِيْدِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى الصَّحَابَةِ
فَمِنْهَا:
C). Sanad Tershahih.
Yang benar, bahwasannya
suatu sanad tertentu tidak dihukumi sebagai sanad tershahih. Akan tetapi ia
dihukumi dengan hal tersebut dengan menyandarkan kepada shahabat, atau negeri,
atau suatu permasalahan.
Maka dikatakan:
sanad tershahih dari Abu Bakr radhiallahu 'anhu.
Sanad tershahih dari penduduk Hijaz. Sanad tershahih tentang hadits nuzul.
Dan para ulama
telah menyebutkan sanad tershahih dengan menyandarkan kepada shahabat.
Diantaranya adalah:
أَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ:
الزُّهْرِيُّ عَنْ سَعِيْدٍ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ.
Sanad tershahih
kepada Abu Hurairah radhiallahu 'anhu
adalah: Az-Zuhri dari Sa'id Ibnul Musayyab dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu.
وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ
عَنهُمَا.
Sanad tershahih
kepada 'Abdullah Ibnu 'Umar Ibnul Khaththab
radhiallahu 'anhuma adalah: imam Malik
dari Nafi' dari Ibnu 'Umar radhiallahu 'anhuma.
وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ:
مَالِكٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.
Sanad tershahih
kepada Anas Ibnu Malik radhiallahu 'anhu
adalah: imam Malik dari Az-Zuhri dari Anas
Ibnu Malik radhiallahu 'anhu.
وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا: هِشَامٌ
بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُا.
Sanad tershahih
kepada Ummul Mukminin 'Aisyah radhiallahu 'anha
adalah: Hisyam Ibnu 'Urwah dari
bapaknya dari Ummul Mukminin 'Aisyah radhiallahu
'anha.
وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُمَا: الزُّهْرِيُّ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللهُ عَنهُما.
Sanad tershahih
kepada 'Abdullah Ibnu 'Abbas radhiallau 'anhuma
adalah: Az-Zuhri dari 'Ubaidillah Ibnu 'Utbah dari 'Abdullah Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhuma.
وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُمَا: سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَمْرٍو بْنِ دِيْنَارٍ عَنْ جَابِرٍ
رَضِيَ اللهُ عَنهُما.
Sanad tershahih
kepada Jabir Ibnu 'Abdillah radhiallahu 'anhuma
adalah: Sufyan Ibnu 'Uyainah dari 'Amr Ibnu Dinar dari Jabir Ibnu 'Abdillah radhiallahu 'anhuma.
وَأَمَّا رِوَايَةُ عَمْرٍو
بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ (شُعَيْبٍ) عَنْ جَدِّهِ (أَيْ جَدَّ أَبِيْهِ شُعَيْبٍ)
وَهُوَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ، فَباَلَغَ بَعْضُهُمْ حَتَّى جَعَلَهُ
مِنْ أَصَحِّ الْأَسَانِيْدِ، وَرَدَّهَا بَعْضُهُمْ بِأَنَّ شُعَيْباً لَمْ يُدْرِكْ
جَدَّهُ فُيَكُوْنُ مُنْقَطِعاً.
Adapun
riwayat 'Amr Ibnu Syu'aib dari bapaknya
(yakni Syu'aib) dari kakeknya (yakni
kakeknya Syu'aib), beliau adalah
shahabat 'Abdullah Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash
radhiallau 'anhuma. Sebagian ulama berlebihan hingga menjadikannya
sebagai sanad tershahih. Dan sebagian ulama menyanggah bahwa Syu'aib tidak
mendapati kakeknya. Sehingga riwayatnya adalah terputus.
Sekedar
memudahkan bagi yang sulit memahami :
('Amr) =>
(Syu'aib) => (Kakeknya Syu'aib [yakni: 'Abdullah
Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash]).
Ada
tiga pendapat padanya :
Pertama.
Sebagian
ulama memandang termasuk Ashahhul Asanid (sanad tershahih).
Kedua.
Sebagian
ulama memandang termasuk Munqathi' (terputus).
Ketiga.
Berkata
asy-syaikh rahimahullah :
وَالرَّاجِحُ أَنَّهَا صَحِيْحَةٌ وَمَقْبُوْلَةٌ، قَالَ الْبُخَارِيُّ:
رَأَيْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ وَعَلِيَّ بْنَ الْمَدِيْنِيِّ وَإِسْحَاقَ بْنَ
رَاهَوَيْهِ وَأَبَا عُبَيْدٍ وَعَامَّةَ أَصْحَابِنَا يَحْتَجُّوْنَ بِحَدِيْثِ عَمْرٍو
بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ، مَا تَرَكَهُ أَحَدٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ،
قَالَ الْبُخَارِيُّ: مِنَ النَّاسِ بَعْدَهُمْ؟ اهـ.
Yang rajih,
riwayat dengan jalur tersebut adalah shahih dan maqbul.
Al-Imam
Al-Bukhari rahimahullah berkata: aku melihat imam Ahmad Ibnu Hambal dan 'Ali Ibnul Madini dan Ishaq Ibnu Rahawaih dan juga Abu 'Ubaid dan mayoritas shahabat-shahabat
kami, mereka berhujjah dengan hadits 'Amr Ibnu
Syu'aib dari bapaknya dari kakeknya. Tidak ada seorang muslimpun
yang meninggalkannya. Berkata imam Al-Bukhari
rahimahullah: yakni dari kalangan orang-orang setelah mereka?.
(Selesai)
وَأَمَّا رَدُّهَا بِأَنَّ شُعَيْباً لَمْ يُدْرِكْ جَدَّهُ فَمَرْدُوْدٌ؛
بِأَنَّهُ قَدْ ثَبَتَ سَماَعُ شُعَيْبٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللهِ، فَلَيْسَ فِيْهِ
انْقِطَاعٌ حِيْنَئِذٍ، وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلاَمِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ: أَئِمَّةُ
الْإِسْلاَمِ وَجُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ يَحْتَجُّوْنَ بِحَدِيْثِ عَمْرٍو بْنِ شُعَيْبٍ
إِذَا صَحَّ النَّقْلُ إِلَيْهِ. اهـ.
Adapun
sanggahannya bagi yang menyatakan bahwa Syu'aib tidak mendapati kakeknya;
pendapat ini adalah MARDUD (tertolak).
Sesungguhnya
telah tsabit (valid), mendengarnya Syu'aib
dari kakek beliau 'Abdullah Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash
radhiallau 'anhuma. Maka tidak ada lagi kata terputus.
Berkata
syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:
Para
imam islam dan jumhur ulama, mereka berargument dengan hadits 'Amr Ibnu Syu'aib apabila penukilan kepadanya
adalah shahih. (Selesai)
Wallahu
a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.
Akhukum fillah :
Ahad, 9 - Muharram
- 1437 H / 22 - 10 - 2015 M
_____________________________
Baca Juga :
--------------------------
8. At-Tabi'i.
9. Al-Isnad.
0 komentar:
Posting Komentar