SUNAN AN-NASAI
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Berkata asy-syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :
3_ سُنَنُ النَّسَائِيِّ:
Sunan An-Nasai.
أَلَّفَ النَّسَائِيُّ رَحِمَهُ اللهُ كِتَابَهُ "السُّنَنَ الكُبْرَى"
وَضِمْنُهُ الصَّحِيْحُ وَالْمَعْلُوْلُ، ثُمَّ اخْتَصَرَهُ فِيْ كِتَابِ
"السُّنَنُ الصُّغْرَى"، وَسَمَّاهُ "الْمُجْتَبَى"، جَمَعَ فِيْهِ
الصَّحِيْحَ عِنْدَهُ، وَهُوَ الْمَقْصُوْدُ بِمَا يُنْسَبُ إِلَى رِوَايَةِ النَّسَائِيِّ
مِنْ حَدِيْثٍ.
Imam
An-Nasai rahimahullahu menyusun karya beliau "As-Sunan
Al-Kubra", terkandung padanya hadits yang shahih dan hadits yang cacat.
Kemudian beliau meringkas kitab tersebut pada kitab "As-Sunan
Ash-Shughra", dan beliau menamainya "Al-Mujtaba". Beliau
mengumpulkan hadits yang shahih disisinya (baca: menurut beliau). Dan itulah
yang dimaksud dengan sesuatu yang dinisbahkan kepada riwayat An-Nasai berupa
hadits.
Yakni: apabila
terdapat sebuah hadits dikatakan sebagai riwayat An-Nasai, tanpa menyebutkan
dalam "As-Sunan Al-Kubra", maka yang dimaksud adalah riwayat An-Nasai
dalam "As-Sunan Ash-Shughra" alias "Al-Mujtaba". (Pent)
وَ"المُجْتَبَى" أَقَلُّ السُّنَنِ حَدِيْثاً ضَعِيْفاً وَرَجُلاً
مَجْرُوْحاً، وَدَرَجَتُهُ بَعْدَ "الصَّحِيْحَيْنِ"، فَهُوَ - مِنْ حَيْثُ
الرِّجَالِ - مُقَدَّمٌ عَلَى "سُنَنِ أَبِيْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيِّ"؛
لِشِدَّةِ تَحَرِّي مُؤَلِّفِهِ فِيْ الرِّجَالِ.
Dan
"Al-Mujtaba" adalah sunan (kumpulan hadits) yang paling sedikit
hadits dha'ifnya dan paling sedikit perawinya yang majruh (di-jarh). Dan
kedudukan "Al-Mujtaba" berada setelah Shahihain. Dan ia -dari sisi
para perawinya- lebih didahulukan dari Sunan Abu Dawud dan Sunan At-Tirmidzi;
dikarenakan ketatnya penyelidikan imam An-Nasai
rahimahullah terhadap para perawinya.
قَالَ الْحَافِظُ ابْنُ حَجَرَ رَحِمَهُ اللهُ: كَمْ مِنْ رَجُلٍ أَخْرَجَ
لَهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ تَجَنَّبَ النَّسَائِيُّ إِخْرَاجَ حَدِيْثِهِ،
بَلْ تَجَنَّبَ إِخْرَاجَ حَدِيْثِ جَمَاعَةٍ فِيْ "الصَّحِيْحَيْنِ".
اهـ.
Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah: betapa banyak
perawi yang dikeluarkan oleh imam Abu Dawud
dan imam At-Tirmidzi, akan tetapi imam An-Nasai menjauhkan diri dari
mengeluarkan haditsnya. Bahkan, beliau juga menjauhkan diri dari mengeluarkan
hadits sekelompok perawi dalam Shahihain, rahimahumullahu. (Selesai)
وَبِالْجُمْلَةِ فَشَرْطُ النَّسَائِيِّ فِيْ "المُجْتَبَى"
هُوَ أَقْوَى الشُّرُوْطِ بَعْدَ "الصَّحِيْحَيْنِ".
Secara global,
syarat imam An-Nasai rahimahullah
dalam "Al-Mujtaba" adalah syarat yang terkuat setelah
'Shahihain".
* النَّسَائِيُّ:
Imam An-Nasai rahimahullah.
هُوَ أَبُوْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَحْمَدُ بْنُ شُعَيْبٍ بْنِ عَلِيٍّ
النَّسَائِي، وَيُقَالُ: النَّسَوِي؛ نِسْبَةٌ إِلَى نَسَأْ بَلْدَةٌ مَشْهُوْرَةٌ
بِخُرَاسَانَ.
Beliau adalah Abu Abdir Rahman Ahmad Ibnu Syu'aib Ibnu 'Ali An-Nasai,
dan ada juga yang mengatakan An-Nasawi; nisbah kepada Nasa', sebuah
negeri terkenal masuk dalam wilayah Khurasan.
وُلِدَ سَنَةَ 215، فِيْ نَسَأْ، ثُمَّ ارْتَحَلَ فِيْ طَلَبِ الْحَدِيْثِ،
وَسَمِعَ مِنْ أَهْلِ الْحِجَازِ وَخُرَاسَانَ وَالشَّامِ وَالْجَزِيْرَةِ وَغَيْرِهَا،
وَأَقَامَ بِمِصْرَ طَوِيْلاً، وَانْتَشَرَتْ مُصَنَّفَاتُهُ فِيْهَا، ثُمَّ ارْتَحَلَ
إِلَى دِمَشْقَ، فَحَصَلَتْ لَهُ فِيْهَا مِحْنَةٌ، وَتُوُفِّيَ سَنَةَ 303، فِيْ
الرَّمْلَةِ فِيْ فِلِسْطِيْنَ عَنْ ثَمَانٍ وَثَمَانِيْنَ سَنَةً.
Beliau
dilahirkan pada tahun 215 hijrah nabawiyah, di
Nasa'. Kemudian beliau melakukan rihlah untuk mencari hadits. Dan beliau
mendengar dari penduduk Hijaz, Khurasan, Syam, Jazirah, dan selainnya.
Beliau menetap
di negeri Mesir dalam waktu yang cukup lama. Dan tersebarlah karya-karya beliau
di negeri tersebut. Kemudian beliau melakukan rihlah menuju Damasykus, kemudian
terjadi fitnah yang menimpa beliau di negeri tersebut.
Belia
diwafatkan pada tahun 303 hijrah nabawiyah, di
Ramlah, Palestina, pada usia beliau yang ke 88
tahun.
وَقَدْ خَلَّفَ مُصَنَّفَاتٍ كَثِيْرَةً فِيْ الْحَدِيْثِ وَالْعِلَلِ،
فَرَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْراً.
Dan
sungguh beliau telah mewariskan karya-karya yang banyak dalam bidang hadits dan
'ilal… فَرَحِمَهُ
اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْرا
Wallahu
a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.
Akhukum fillah :
Ahad, 22 -
Rabi'uts Tsani - 1437 H / 31 - 02 - 2016 M
Baca Juga :
--------------------------
0 komentar:
Posting Komentar