SUNAN ABU DAWUD
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Berkata asy-syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu :
4_ سُنَنُ أَبِيْ دَاوُدَ:
Sunan Abu
Dawud.
هُوَ كِتَابٌ يَبْلُغُ 4800 أُرْبَعَةَ آلَافِ وَثَمَانَمِائَةِ حَدِيْثٍ،
انْتَخَبَهُ مُؤَلِّفُهُ مِنْ خَمْسِمِائَةِ أَلْفِ حَدِيْثٍ، وَاقْتَصَرَ فِيْهِ
عَلَى أَحَادِيْثِ الْأَحْكَامِ.
Ia adalah
sebuah kitab yang mencapai 4.800 hadits. Yang
diseleksi oleh penyusunnya dari lima ratus ribu hadits. Dan beliau mencukupkan
didalamnya terhadap hadits-hadits seputar ahkam.
وَقَالَ: ذَكَرْتُ فِيْهِ الصَّحِيْحَ، وَمَا يُشْبِهُهُ وَمَا يُقَارِبُهُ.
وَمَا كَانَ فِيْ كِتَابِيْ هَذَا فِيْهِ وَهْنٌ شَدِيْدٌ بَيَّنْتُهُ، وَلَيْسَ فِيْهِ
عَنْ رَجُلٍ مَتْرُوْكِ الْحَدِيْثِ شَيْءٌ، وَمَا لَمْ أَذْكُرْ فِيْهِ شَيْئاً فَهُوَ
صَالِحٌ، وَبَعْضُهَا أَصَحُّ مِنْ بَعْضٍ، وَالْأَحَادِيْثُ الَّتِي وَضَعْتُهَا
فِيْ كِتَابِ "السُّنَنِ" أَكْثَرُهَا مَشَاهِيْرُ. اهـ.
Dan berkata Imam Abu Dawud rahimahullah: aku menyebutkan
didalamnya hadits yang shahih, dan hadits yang menyerupai hadits shahih,
dan hadits yang mendekati hadits shahih. Dan apa-apa yang ada dalam
kitabku ini berupa kelemahan yang Syadid (sangat), maka aku jelaskan hal
tersebut. Dan tidak ada didalamnya seorangpun perawi yang 'Matruk Al-Hadits'.
Dan yang sama sekali tidak aku sebutkan (hukumnya) didalamnya, maka ia adalah
hadits yang Shalih. Dan sebagiannya lebih shahih dari sebagian yang lain. Dan
hadits-hadits yang aku letakkan pada kitab "As-Sunan" tersebut
mayoritasnya adalah hadits-hadits yang masyhur. (Selesai)
قَالَ السُّيُوْطِيُّ: يُحْتَمَلُ أَنْ يُرِيْدُ بِصَالِحٍ: الصَّالِحُ
لِلْاعْتِبَارِ دُوْنَ الاحْتِجَاجِ فَيَشْمَلُ الضَّعِيْفَ.
Berkata Imam As-Suyuthi rahimahullahu: memungkinkan
bahwa yang diinginkan dengan kata 'Shalih' (dari ucapan Imam Abu Dawud rahimahullah di atas _pent) adalah: 'Shalih Lil I'tibar' (bisa untuk
pertimbangan/penguat), akan tetapi tidak untuk argument, maka hal tersebut
mencakup hadits yang lemah.
لكِنْ ذَكَرَ ابْنُ كَثِيْرٍ أَنَّهُ يُرْوَى عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: وَمَا
سَكَتَ عَنْهُ فَهُوَ حَسَنٌ، فَإِنْ صَحَّ هَذَا فَلَا إِشْكَالَ. اهـ. أي: فَلَا
إِشْكَالَ فِيْ أَنَّ الْمُرَادَ بِصَالِحٍ: صَالِحٌ لِلْاحْتِجَاجِ.
Akan tetapi Imam Ibnu Katsir rahimahullahu menyebutkan,
bahwa telah diriwayatkan dari beliau, beliau berkata: hadits yang didiamkan
oleh Imam Abu Dawud rahimahullah,
maka hadits tersebut adalah hasan. Apabila riwayat ini adalah shahih, maka
tidak ada lagi kejanggalan. (Selesai). Yakni: tidak ada kejanggalan bahwa yang
diinginkan dari kata 'Shalih' adalah 'Shalih Lil Ihtijaj' (bisa untuk
berargumen).
وَقَالَ ابْنُ الصَّلَاحِ: فَعَلَى هَذَا مَا وَجَدْنَاهُ فِيْ كِتَابِهِ
مَذْكُوْراً مُطْلَقاً وَلَيْسَ فِيْ أَحَدِ "الصَّحِيْحَيْنِ"، وَلَا نَصَّ
عَلَى صِحَّتِهِ أَحَدٌ؛ عَرَفْنَا أَنَّهُ مِنَ الْحَسَنِ عِنْدَ أَبِيْ دَاوُدَ.
اهـ.
Berkata Al-Hafizh Ibnu Shalah rahimahullah: maka
berdasarkan hal ini, hadits yang kita dapatkan dalam kitab "Sunan Abu
Dawud" yang disebutkan secara lepas dan tidak terdapat dalam salah satu
Shahihain, tidak pula terdapat seorangpun yang menyatakan keshahihannya; maka
kita akan mengetahui bahwa hadits tersebut adalah hasan menurut Imam Abu Dawud rahimahullah. (Selesai)
وَقَالَ ابْنُ مَنْدَهٍ: وَكَانَ أَبُوْ دَاوُدَ يُخْرِجُ الإِسْنَادَ
الضَّعِيْفَ إِذَا لَمْ يَجِدْ فِيْ الْبَابِ غَيْرَهُ؛ لِأَنَّهُ أَقْوَى عِنْدَهُ
مِنْ رَأْيِ الرِّجَالِ. اهـ.
Berkata Al-Hafizh Ibnu Mandah rahimahullah: Imam Abu Dawud rahimahullah terkadang
mengeluarkan hadits yang lemah apabila beliau tidak mendapatkan selain hadits
tersebut pada babnya. Karena menurut beliau hadits yang lemah lebih kuat
ketimbang pendapat seseorang. (Selesai)
وَقَدِ اشْتَهَرَ "سُنَنُ أَبِيْ دَاوُدَ" بَيْنَ الفُقَهَاءِ
لِأَنَّهُ كَانَ جَامِعاً لِأَحَادِيْثِ الْأَحْكَامِ، وَذَكَرَ مُؤَلِّفُهُ أَنَّهُ
عَرَضَهُ عَلَى الْإِمَامِ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ فَاسْتَجَادَهُ وَاسْتَحْسَنَهُ،
وَأَثْنَى عَلَيْهِ ابْنُ الْقَيِّمِ ثَنَاءً بَالِغاً فِيْ مُقَدِّمَةِ "تَهْذِيْبِهِ".
Dan sungguh
'Sunan Abu Dawud' telah masyhur di kalangan para fuqaha, karena ia mencakup
terhadap hadits-hadits ahkam. Dan penulisnya menyebutkan, bahwa beliau
memperlihatkan karyanya tersebut terhadap Imam
Ahmad Ibnu Hambal, dan beliau memandang Jayyid dan Hasan karya
tersebut. Dan Ibnul Qayyim juga
memuji kitab tersebut dengan pujian yang dalam, pada muqaddimah 'Tahdzib'-nya.
Rahimahumullahu.
* أَبُوْ دَاوُدَ:
Imam Abu Dawud rahimahullahu.
هُوَ سُلَيْمَانُ بْنُ الْأَشْعَثِ بْنِ إِسْحَاقَ الَأَزْدِي السِّجِسْتَانِي،
وُلِدَ فِيْ سِجِسْتَانَ سَنَةَ 202هـ.
Beliau adalah: Sulaiman Ibnu Al-Asy'ats Ibnu Ishaq Al-Azdi As-Sijistani.
Lahir di Sijistan pada tahun 202 hijrah
nabawiyah.
وَرَحَلَ فِيْ طَلَبِ الْحَدِيْثِ وَكَتَبَ عَنْ أَهْلِ الْعِرَاقِ وَالشَّامِ
وَمِصْرَ وَخُرَاسَانَ، وَأَخَذَ عَنْ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، وَغَيْرِهِ مِنْ شُيُوْخِ
الْبُخَارِي وَمُسْلِمٍ.
Beliau
melakukan rihlah (perjalanan) untuk mencari hadits dan mencatat dari penduduk
'Iraq, Syam, Mesir, dan Khurasan. Beliau juga mengambil dari Imam Ahmad Ibnu Hambal dan selain beliau dari
kalangan para masyaikh Al-Bukhari dan
Muslim. Rahimahumullahu.
أَثْنَى عَلَيْهِ الْعُلَمَاءُ وَوَصَفُوْهُ بِالْحِفْظِ التَّامِ وَالْفَهْمِ
الثَّاقِبِ وَالْوَرَعِ.
Para ulama
memuji beliau dan mensifati beliau dengan hafalan yang sempurna dan pemahaman
yang tajam dan menjauhkan diri dari dosa.
تُوُفِّيَ فِيْ الْبَصْرَةِ سَنَةَ 275هـ عَنْ ثَلَاثِ وَسَبْعِيْنَ سَنَةً.
Beliau wafat di
Bashrah pada tahun 275 hijrah nabawiyah, pada
usia beliau yang ke 73 tahun.
وَقَدْ خَلَّفَ عِلْماً كَثِيْراً فِيْ مُؤَلَّفَاتِهِ، رَحِمَهُ اللهُ،
وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْراً.
Dan
sungguh beliau telah mewariskan ilmu yang banyak melalui karya-karya beliau… فَرَحِمَهُ اللهُ، وَجَزَاهُ عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ خَيْرا
Wallahu
a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.
Akhukum fillah :
Ahad, 22 - Rabi'uts Tsani - 1437 H / 31 - 02 - 2016 M
Baca Juga :
--------------------------
0 komentar:
Posting Komentar