Translate

Minggu, 03 Januari 2016

18). Pembukuan Hadits.


(Bagian Kedua)

PERTEMUAN : KE-DELAPAN BELAS
BUKU : MUSTHALAH AL-HADITS
KARYA : IBNU ‘UTSAIMIN RAHIMAHULLAH
____________


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


"PEMBUKUAN HADITS"


Berkata Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah

تَدْوِيْنُ الْحَدِيْثِ:

Pembukuan Hadits.

لَمْ يَكُنِ الْحَدِيْثُ فِيْ عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخُلَفَائِهِ الْأَرْبَعَةِ الرَّاشِدِيْنَ مُدَوَّناً كَمَا دُوِّنَ فِيْمَا بَعْدُ.

Hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam di masa beliau dan di masa khulafa rasyidin yang empat tidaklah terbukukan sebagaimana di zaman setelahnya.

وَقَد رَوَى الْبَيْهَقِيُّ فِيْ "الْمَدْخَلِ" عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَرَادَ أَنْ يَكْتُبَ السُّنَنَ، فَاسْتَشَارَ أَصْحَابَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ ذَلِكَ، فَأَشَارُوْا عَلَيْهِ أَنْ يَكْتُبَهَا، فَطَفِقَ عُمَرَ يَسْتَخِيْرُ اللهَ فِيْهَا شَهْراً، ثُمَّ أَصْبَحَ يَوْماً وَقَدْ عَزَمَ اللهُ لَهُ، فَقَالَ: إِنِّيْ كُنْتُ أَرَدْتُ أَنْ أَكْتُبَ السُّنَنَ، وَإِنِّي ذَكَرْتُ قَوْماً، كَانُوْا قَبْلَكُمْ، كَتَبُوْا كُتُباً، فَأَكَبُّوْا عَلَيْهَا، وَتَرَكُوْا كِتَابَ اللهِ، وَإِنِّيْ وَاللهِ لَا أُلَبِّسُ كِتَابَ اللهِ بِشَيْءٍ أبَداً.

Telah diriwayatkan oleh imam Al-Baihaqi rahimahullah dalam "Al-Madkhal" dari 'Urwah Ibnu Az-Zubair, sesungguhnya 'Umar Ibnul Khaththab radhialllahu 'anhu ingin menulis sunnah-sunnah nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian beliaupun meminta pendapat para shahabat Rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam. Maka merekapun memberi pendapat kepada 'Umar radhiallahu 'anhu agar beliau menulisnya.

Maka 'Umar radhiallahu 'anhu terus menerus beristikharah kepada Allah hingga sebulan lamanya. Kemudian tatkala suatu hari Allah telah memberikan kemantapan kepada beliau, maka beliaupun berkata:

"إِنِّيْ كُنْتُ أَرَدْتُ أَنْ أَكْتُبَ السُّنَنَ، وَإِنِّي ذَكَرْتُ قَوْماً، كَانُوْا قَبْلَكُمْ، كَتَبُوْا كُتُباً، فَأَكَبُّوْا عَلَيْهَا، وَتَرَكُوْا كِتَابَ اللهِ، وَإِنِّيْ وَاللهِ لَا أُلَبِّسُ كِتَابَ اللهِ بِشَيْءٍ أبَداً"

"Sebenarnya aku ingin menulis sunnah-sunnah nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian aku mengingat suatu kaum sebelum kalian, mereka menulis kitab-kitab, kemudian mereka tersibukkan dengan kitab-kitab tersebut, dan meninggalkan kitab Allah. Dan aku, sungguh demi Allah, tidak ingin menyamarkan kitab Allah dengan sesuatu apapun selama-lamanya."

وَلَمَّا كَانَتْ خِلَافَةُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ رَحِمَهُ اللهُ وَخَافَ مِنْ ضِيَاعِ الْحَدِيْثِ، كَتَبَ إِلَى قَاضِيْهِ فِيْ الْمَدِيْنَةِ أَبِيْ بَكْرٍ بْنِ مُحَمَّدٍ بْنِ عَمْرٍو بْنِ حَزْمٍ:

Kemudian pada masa Khliafah 'Umar Ibnu 'Abdil 'Aziz rahimahullahu dan beliau merasa khawatir dengan hilangnya hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam, maka beliaupun menulis perintah kepada Qadhi beliau Abu Bakr Ibnu Muhammad Ibnu 'Amr Ibnu Hazm rahimahullahu di Madinah:

انْظُرْ مَا كَانَ مِنْ حَدِيْثِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاكْتُبْهُ، فَإِنِّيْ خِفْتُ دُرُوْسَ الْعِلْمِ، وَذَهَابَ الْعُلَمَاءِ، وَلَا تَقْبَلْ إِلَّا حَدِيْثَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلْتُفْشُوْا الْعِلْمَ، وَلْتَجْلِسُوْا حَتَّى يَعْلَمَ مَنْ لَا يَعْلَمُ، فَإِنَّ الْعِلْمَ لَا يَهْلِكُ حَتَّى يَكُوْنَ سِرًّا.

"Perhatikanlah semua yang berkaitan dengan hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan tulislah, sesungguhnya aku khawatir hilangnya ilmu dan perginya para ulama. Jangan engkau terima selain dari hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Dan sebarkanlah ilmu. Dan bermajlislah sehingga berilmu orang-orang yang tidak berilmu. Sesungguhnya ilmu tidak akan hilang hingga ia menjadi tersembunyi."

وَكَتَبَ إِلَى الْآفَاقِ بِذَلِكَ أَيْضاً ثُمَّ أَمَرَ مُحَمَّدَ بْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِيِّ بَتَدْوِيِنِهَا.

Dan beliau juga menulis perintah tersebut ke seluruh penjuru negeri, kemudian beliau memerintahkan Muhammad Ibnu Syihab Az-Zuhri rahimahullah untuk menghimpunnya.

فَكَانَ أَوَّلُ مَنْ صَنَّفَ فِيْ الْحَدِيْثِ: مُحَمَّدُ بْنُ شِهَابٍ الزُّهْرِيِّ بِأَمْرِ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ رَحِمَهُمَا اللهُ، وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى رَأْسِ مِئَةِ سَنَةٍ مِنْ الْهِجْرَةِ، ثُمَّ تَتَابَعَ النَّاسُ فِيْ ذَلِكَ، وَتَنَوَّعَتْ طُرُقُهُمْ فِيْ تَصْنِيْفِ الْحَدِيْثِ.

Orang yang pertama kali meng-klasifikasikan hadits adalah imam Muhammad Ibnu Syihab Az-Zuhri, dengan perintah dari amirul mukminin 'Umar Ibnu 'Abdil 'Aziz Allahu yarhamhuma. Dan hal tersebut terjadi pada penghujung tahun ke seratus hijriyah. Kemudian manusia mengikuti metode tersebut, dan beraneka ragam dalam peng-klasifikasian hadits.

Wallahu a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.

Akhukum fillah :

Ahad, 22  - Rabi'ul Awal - 1437 H / 03 - 01 - 2016 M

                                                                                

Baca Juga :
--------------------------


0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.