Translate

Selasa, 23 Agustus 2016

As-Sunnah; Definisi & Pembagiannya.



As-Sunah; Definisi & Pembagiannya

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله وكفى بالله شهيدًا، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له إقرارًا به وتوحيدًا، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه وسلم تسليمًا مزيدًا، أما بعد..

Definisi As-Sunnah.

As-Sunnah apabila ditinjau dari segi bahasa, ia adalah:

الطريقة والسيرة حميدةً كانت أو ذميمةً.

Perjalanan dan sejarah baik terpuji maupun tercela. [Al-Mishbah Al-Munir: 292].

Dan apabila ditinjau dari segi istilah ahli ushul dan ahli hadits, ia adalah:

ما صدر عن النبيِّ -صلى الله عليه وسلم- غير القرآن.

Apa-apa yang muncul dari nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- selain Al-Qur'an. [Al-Faqih Wa Al-Mutafaqqih: 1/86 & Qawaid Al-Ushul: 38 & Syarh Al-Kaukab Al-Munir: 2/160]. 

وهذا يشمل: قولَه -صلى الله عليه وسلم-، وفعلَه، وتقريرَه، وكتابتَه، وإشارتَه، وهمَّه، وتركَه.

Definisi berdasarkan ahli ushul dan ahli hadits tersebut mencakup ucapan nabi -shallallahu 'alaihi wasallam-, perbuatan, penetapan, penulisan, isyarat, himmah (tujuan) dan meninggalkannya. [Ma'alim Ushul Al-Fiqh: 118].

زاد البعض سنة الخلفاء الراشدين لقوله -صلى الله عليه وسلم- : «فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين؛ المهديين عضوا عليها بالنواجذ».

Dan sebagian ulama ada yang menambahkan sunnah Khulafa Rasyidin berdasarkan sabda nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Hendaknya kalian senantiasa berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafa Rasyidin yang berpetunjuk, gigitlah erat dengan gigi geraham kalian". [HR: At-Tirmidzi: 2676 & Ibnu Majah: 42. At-Tirmidzi berkata: ini adalah hadits shahih].


قال ابن رجب: "وفي أمره -صلى الله عليه وسلم- باتباع سنته وسنة خلفائه الراشدين بعد أمره بالسمع والطاعة لولاة الأمر عمومًا دليل على أن سنة الخلفاء الراشدين متبعة، كاتباع سنته".

Al-hafizh Ibnu Rajab rahimahullahu berkata: "Dalam perintah nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- untuk mengikuti sunnahnya dan sunnah Khulafa Rasyidin setelah perintah beliau dengan mendengar dan ta'at terhadap waliy al-amr secara umum adalah dalil bahwa sunnah Khulafa Rasyidin diikuti sebagaimana mengikuti sunnahnya shallallahu 'alaihi wasallam." [Jami' Al-'Ulum Wa Al-Hikam: 2/121].

وهذه الأنواع قد يدخل بعضها في بعض، فيدخل كل من الكتاب والإشارة والهم والترك في الفعل.

Dan jenis-jenis ini terkadang sebagiannya masuk ke dalam sebagian yang lain, sebagaimana semua berupa penulisan, isyarat, himmah (tujuan) dan meninggalkan (-nya nabi shallallahu 'alaihi wasallam) masuk dalam kategori perbuatan. [Syarh Al-Kaukab Al-Munir: 2/160-166 & Ma'alim Ushul Al-Fiqh: 118].

As-Sunnah dan Al-Hikmah.

إذا وردت الحكمة في القرآن مقرونة مع الكتاب فهي السنة بإجماع السلف، كقوله تعالى:

Apabila datang kata Al-Hikmah dalam Al-Qur'an beriringan dengan kata Al-Kitab, maka ia adalah As-Sunnah berdasarkan ijma' salaf. Sebagaimana firman Allah Jalla wa 'Ala:

{وَأَنْزَلَ اللهُ عَلَيْكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُنْ تَعْلَمُ وَكَانَ فَضْلُ اللهِ عَلَيْكَ عَظِيمًا}  

"Dan (juga) Allah telah menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur'an) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) dan mengajarkanmu apa-apa yang kamu tidak ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu sangatlah besar." [QS: An-Nisa: 113].

قال الشافعي: "فسمعتُ من أرضى من أهل العلم بالقرآن يقول: الحكمة سنة رسول الله".

Imam Asy-Syafi'i rahimahullahu berkata: "Aku telah mendengar dari orang yang aku ridhai dari kalangan ahli ilmu qur'an, ia berkata: Al-Hikmah adalah sunnah rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam." [Al-Faqih wa Al-Mutafaqqih: 1/87-87 & Majmu' Fatwa: 3/366 & Tafsir Ibnu Katsir: 1/567 & Ar-Risalah: 78].

Pembagian As-Sunnah.

As-Sunnah memliliki beberapa pembagian jika ditinjau dari segi yang berbeda-beda:

A). Apabila ditinjau dari sisi dzat kata As-Sunnah itu sendiri;

فباعتبار ذاتها تنقسم السنة إلى: قولية، وفعلية، وتقريرية، وما سوى ذلك يمكن إدراجه تحت هذه الأقسام.

Apabila ditinjau dari sisi dzat kata As-Sunnah itu sendiri, As-Sunnah terbagi menjadi: Qauliyah (ucapan), Fi'iliyah (perbuatan) dan Taqririyah (penetapan). Dan As-Sunnah selain dari tinjauan ini mungkin masuk ke dalam bagian-bagian ini. [Mukhtashar Ibnu Al-Laham: 74].

B). Apabila ditinjau dari sisi keterkaitannya dengan Al-Qur'an;

وباعتبار علاقتها بالقرآن الكريم تنقسم السنة إلى ثلاثة أقسام:

Dan apabila ditinjau dari sisi keterkaitannya dengan Al-Qur'an, maka As-Sunnah terbagi menjadi tiga (3):

الأول: السنة المؤكِّدة، وهي الموافِقة للقرآن من كل وجه، وذلك كوجوب الصلاة فإنه ثابت بالكتاب وبالسنة.

Pertama.
As-Sunnah Al-Muakkidah (sunnah yang menguatkan). Ia adalah sunnah yang bersesuaian dengan Al-Qur'an dari segala sisi. Yang demikian seperti wajibnya shalat, sesungguhnya hal ini valid berdasarkan Al-Kitab dan As-Sunnah.

الثاني: السنة المبينة أو المفسرة لما أُجمل في القرآن، وهي ما عبر عنها الشافعي بقوله: "ومنه ما أحكم فرضه بكتابه، وبين كيف هو على لسان نبيه، مثل عدد الصلاة والزكاة ووقتها".

Kedua.
As-Sunnah yang menjelaskan dan menafsirkan apa-apa yang mujmal (global) dalam Al-Qur'an. Jenis ini adalah sebagaimana yang diungkapkan oleh Asy-Syafi'i rahmatullahi 'alaihi dengan perkataannya: "Dan di antaranya ada yang Allah perintahkan kewajiban-Nya melalui kitab-Nya, dan kaifiahnya dijelaskan melalui lisan nabi-Nya, seperti bilangan shalat, zakat dan waktunya".

الثالث: السنة الاستقلالية، أو الزائدة على ما في القرآن، وهي التي تكون موجبة لحكم سكت القرآن عن إيجابه، أو محرمة لما سكت عن تحريمه، كأحكام الشفعة وميراث الجدة. وهذا القسم عبر عنه الشافعي بقوله: "ومنه ما سن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - مما ليس فيه نص حكم".

Ketiga.
As-Sunnah Al-Istiqlaliyah (sunnah yang bersendirian). Atau zaidah (tambahan) terhadap apa yang ada di dalam Al-Qur'an. Ia adalah sunnah yang terkadang memberi hukum wajib terhadap suatu hukum yang Al-Qur'an berdiam dari mewajibkannya. Atau mengharamkan terhadap sesuatu yang Al-Qur'an berdiam dari mengharamkannya. Seperti hukum Syuf'ah (hak beli) dan warisan untuk seorang nenek. Dan jenis ini, diungkapkan oleh imam Asy-Syafi'i rahimahullahu dengan perkataannya: "di antaranya adalah apa-apa yang disunnahkan oleh rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam berupa sesuatu yang tidak ada padanya nash hukum". [Ar-Risalah: 21-22-91-92 & I'lam Al-Muaqi'in: 2/307 & Ma'alim Ushul: 1/119].  

C). Apabila ditinjau dari sisi para penukilnya;

وباعتبار وصولها إلينا وعدد نقلتها ورواتها تنقسم السنة إلى: متواتر، وآحاد.

Apabila ditinjau dari sisi sampainya As-Sunnah kepada kita dan dari sisi bilangan para penukilnya dan perawinya, maka As-Sunnah terbagi menjadi dua (2): Muatawatir dan Ahad.

Wallahu a’lam bish shawab wa baarakallahu fikum.

Ditulis oleh :
Abu Muhammad Mubaarok Al-Atsary
Selasa - 20 - Dzul Qa'dah - 1437 H / 23 - 08 - 2016 M

0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.