Translate

Senin, 29 Agustus 2016

Kedudukan As-Sunnah Terhadap Al-Qur'an.



KEDUDUKAN AS-SUNNAH TERHADAP AL-QUR'AN

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله وكفى بالله شهيدًا، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له إقرارًا به وتوحيدًا، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه وسلم تسليمًا مزيدًا، أما بعد..

Maksud dari judul besar tulisan ini adalah sebuah jawaban dari pertanyaan: "Al-Qur'an dan As-Sunnah,  mana yang harus didahulukan di antara kedua hal tersebut?"

Masalah ini akan menjadi jelas dan terang apabila ditinjau dari empat (4) sisi:

Pertama.
Dari sisi Al-Mashdariyah (sumber).

باعتبار المصدرية، فلا شك أن القرآن والسنة في منزلة واحدة، إذ الكل وحي من الله، قال تعالى: {وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى، إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى} [النجم: 3، 4].

Apabila ditinjau dari sisi Al-Mashdariyah (sumber), maka tidak diragukan bahwa Al-Qur'an dan As-Sunnah berada pada satu kedudukan. Karena keduanya adalah wahyu dari Allah Jalla wa 'Ala.

Allah Jalla wa 'Ala telah menegaskan: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak berbicara berdasarkan hafa nafsu (3). Akan tetapi ia berbicara berdasarkan wahyu yang diwahyukan kepadanya(4)". [An-Najm: 3-4].

وقد ذهب بعض أهل العلم إلى أن الرسول -صلى الله عليه وسلم- لم يسن سنة إلا بوحي احتجاجًا بهذه الآية.

Sebagian para ulama berpendapat; tidaklah rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan suatu sunnah melainkan dengan wahyu, berdasarkan keterangan ayat ini. [Ar-Risalah: 92-104, & Al-Faqih wal Mutafaqqih: 1/90-94, & Ma'alim Ushul: 1/134].

وقيل: بل جعل الله لرسوله -صلى الله عليه وسلم- بما افترض من طاعته أن يسن فيما ليس فيه نص كتاب، والدليل على ذلك قوله تعالى: {إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللهُ} [النساء: 105].

Ada juga yang berpendapat: bahkan Allah memberikan keluasan bagi rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam -berdasarkan kewajiban untuk menta'ati beliau- untuk membuat ketentuan pada apa-apa yang tidak terdapat nash hukum padanya.

Dan dalil mengenai hal tersebut adalah firman Allah: "Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan kebenaran, agar engkau menjadi hakim terhadap manusia berdasarkan apa-apa yang Allah perlihatkan padamu". [QS: An-Nisa: 105].

فخصه الله بأن يحكم برأيه لأنه معصوم وأن معه التوفيق.

Maka Allah memberikan kekhususan bahwa nabi shallallahu 'alaihi wasallam diperkenankan menghukumi berdasarkan pendapatnya. Karena beliau terjaga dari kesalahan. Dan taufiq Allah menyertai beliau shallallahu 'alaihi wasallam.

وَقِيْلَ: أُلْقِيَ فِيْ رَوْعِهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كُلُّ مَا سَنَّهُ لِقَوْلِهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- : «إِنَّ الرُّوْحَ الْأَمِيْنَ قَدْ أَلْقَى فِيْ رَوْعِيْ أَنَّهُ لَنْ تَمُوْتَ نَفْسٌ حَتَّى تَسْتَوْفِيَ رِزْقُهَا، فَأَجْمِلُوْا فِيْ الطَّلَبِ».

Ada juga yang berpendapat: setiap apa yang beliau shallallahu 'alaihi wasallam sunnahkan telah diletakkan di hati beliau.

Berdasarkan sabda beliau shallallahu 'alaihi wasallam: "sesungguhnya Ruh Al-Amin (Jibril 'alaihi salam) telah meletakkan di hatiku bahwasannya tidaklah suatu jiwapun diwafatkan hingga terpenuhi rizkinya, maka bekerjalah dengan baik". [Ar-Risalah: 93-97].

Hadits tersebut di atas dikeluarkan oleh imam Asy-Syafi'i rahimahullahu dalam Ar-Risalah, dan Asy-Syaikh Ahmad Syakir rahimahullahu merajihkan keshahihan sanadnya. [Lihat: Ta'liq Ar-Risalah: 97].

وَقِيْلَ: لَمْ يَسُنَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- سُنَّةً قَطْ إِلَّا وَلَهَا أَصْلٌ فِيْ الكِتَابِ، فَجَمِيْعُ سُنَّتِهِ بَيَانٌ لِلْكِتَابِ، فَمَا سَنَّهُ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- مِنَ الْبُيُوْعِ فَهُوَ بَيَانٌ لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ} [النساء: 29]،  وقوله: {وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا} [البقرة: 275].

Ada juga yang berpendapat: tidaklah nabi shallallahu 'alaihi wasallam menetapkan suatu sunnahpun melainkan sunnah tersebut memiliki asal dalam Al-Kitab. Seluruh sunnah beliau shallallahu 'alaihi wasallam adalah merupakan penjelasan terhadap Al-Kitab. Apa-apa yang beliau sunnahkan berupa jual beli, maka itu adalah penjelasan firman Allah Ta'ala:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ} [النساء: 29].

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kalian saling memakan harta-harta kalian dengan cara yang bathil." [An-Nisa: 29].

{وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا} [البقرة: 275].

Dan juga firman Allah Ta'ala:
"Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba". [Al-Baqarah: 275].

قَالَ الشَّافِعِيُّ بَعْدَ ذِكْرِ هَذِهِ الْأَقْوَالِ أَوْ بَعْضِهَا: "وَأَيُّ هَذَا كَانَ فَقَدْ بَيَّنَ اللهُ أَنَّهُ فَرَضَ فِيْهِ طَاعَةَ رَسُوْلِهِ".

Setelah menyebutkan pendapat-pendapat tersebut atau sebagiannya, imam Asy-Syafi'i rahimahullahu berkata: "seluruh masalah ini apapun bentuknya, Allah telah menjelaskan bahwa Ia mewajibkan pada perkara tersebut untuk menta'ati rasul-Nya". [Ar-Risalah: 104].

Kedua.  
Dari sisi Al-Hujjiyah (argument).

باعتبار الحجية ووجوب الاتباع، فالقرآن والسنة في ذلك سواء.

Apabila ditinjau dari sisi Al-Hujjiah (argument) dan wajibnya ittiba' (mengikuti), maka Al-Qur'an dan As-Sunnah memiliki kedudukan yang sama.  

وقد بوب لذلك الخطيب البغدادي، فقال: "باب ما جاء في التسوية بين حكم كتاب الله تعالى وحُكم سنة رسول الله -صلى الله عليه وسلم- في وجوب العمل ولزوم التكليف".

Al-Khatib Al-Baghdadi rahimahullah telah memberikan suatu bab mengenai masalah ini, beliau berkata: "Bab apa-apa yang datang berupa persamaan hukum kitab Allah dan hukum sunnah rasul Allah shallallahu 'alaihi wasallam tentang wajibnya beramal dan keharusan pembebanan". [Ma'alim Ushul: 135, & Al-Kifayah Fi 'Ilmi Riwayah: 23].

Kemudian Al-Khatib Al-Baghdadi rahimahullahu membawakan hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

«أَلَا إِنِّي أُوْتِيْتُ القُرْآنَ وَمِثْلَهُ مَعَهُ».

"Ketahuilah! Sesungguhnya aku diberi Al-Qur'an dan yang semisalnya bersamanya." [HR: Abu Dawud:200, & At-Tirmidzi: 37-38, & Ibnu Majah: 12-13].

«وَإِنَّ مَا حَرَّمَ رَسُوْلُ اللهِ كَمَا حَرَّمَ اللهُ».

"Sesungguhnya yang diharamkan oleh rasul Allah adalah sebagaimana yang diharamkan oleh Allah". [HR: Ibnu Majah: 12, & At-Tirmidzi: 2664].

Ketiga.  
Dari sisi Al-Qur'an menunjukkan wajibnya beramal dengan As-Sunnah.

Apabila ditinjau dari sisi: Al-Qur'an menunjukkan wajibnya beramal dengan As-Sunnah, dan bahwa As-Sunnah valid penggunaannya sebagai argumen berdasarkan Al-Qur'an, maka ini menunjukkan asal penggunaan As-Sunnah adalah berdasarkan keterangan Al-Qur'an. Dari sisi ini, maka Al-Qur'an adalah ushul (pokok) dan As-Sunnah adalah furu' (cabang). Maka ushul didahulukan dari furu'. [Lihat: Ma'alim Ushul: 135].

Keempat.  
Dari sisi Al-Bayan (penjelasan).

باعتبار البيان فإن السنة مبينة لما أجمل في القرآن، وهي مخصصة لعمومه، مقيدة لمطلقه، والبيان والخاص والمقيد مقدم على المجمل والعام والمطلق، إذ العمل بهذه الثلاثة متوقف على تلك.

Apabila ditinjau dari sisi Al-Bayan (penjelasan), maka As-Sunnah menjelaskan apa-apa yang global dalam Al-Qur'an. As-Sunnah mengkhususkan yang umum dalam Al-Qur'an. Dan me-muqayyad-kan yang muthlaq. Al-Bayan, Al-Khash dan Al-Muqayyad lebih didahulukan dari Al-Mujmal, Al-'Am dan Al-Muthlaq. Karena mengamalkan tiga bentuk ini (yakni: Al-Mujmal, Al-'Am dan Al-Muthlaq) terhenti oleh tiga yang itu (yakni: Al-Bayan, Al-Khash dan Al-Muqayyad). [Ma'alim Ushul: 135].

فصح بهذا النظر تقديم السنة على الكتاب، إلا أن الإمام أحمد كره أن يقال: السنة تقضي على الكتاب، وقال: «ما أجسر على هذا أن أقول: إن السنة قاضية على الكتاب! إن السنة تفسر الكتاب وتبينه».

Apabila ditinjau dari sisi ini, maka shahih "pendahuluan As-Sunnah terhadap Al-Kitab". Hanya saja imam Ahmad tidak menyukai apabila dikatakan: As-Sunnah memutuskan Al-Qur'an. Beliau mengatakan: "Betapa beraninya apabila aku mengatakan: sesungguhnya As-Sunnah memutuskan Al-Qur'an! Sesungguhnya As-Sunnah menafsirkan Al-Kitab dan menjelaskannya". [Lihat: Sunan Ad-Darimi: 1/145, & Jami' Bayan Al-'Ilmi: 2/191, Al-faqih wal Mutafaqqih: 73, & Ma'alim Ushul: 135].

والمقصود أن الكتاب والسنة متلازمان لا يفترقان، متفقان لا يختلفان؛ كما قال بعض السلف: "إنما هو الكتاب والسنة، والكتاب أحوج إلى السنة من السنة إلى الكتاب".

Yang diinginkan dari hal tersebut yakni: Al-Kitab dan As-Sunnah adalah dua hal yang saling mengikat dan tidak terpisahkan, saling bersepakat dan tidak berselisih; sebagaimana sebagian salaf berkata: "sesungguhnya ia adalah Al-Kitab dan As-Sunnah, dan Al-Kitab lebih membutuhkan terhadap As-Sunnah ketimbang As-Sunnah terhadap Al-Kitab". [Ma'alim Ushul: 135, & Al-Kifayah Fi 'Ilmi Riwayah: 30].

Wallahu a’lam bish shawab wa baarakallahu fikum.

Ditulis oleh :
Senin - 26 - Dzul Qa'dah - 1437 H / 29 - 08 - 2016 M


0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.