Translate

Minggu, 22 November 2015

10). Sanad Tershahih.


(Bagian Kedua)

PERTEMUAN : KE-SEPULUH
BUKU : MUSTHALAH AL-HADITS
KARYA : IBNU ‘UTSAIMIN RAHIMAHULLAH
____________


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


"SANAD TERSHAHIH"


Berkata Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah :

ج_ أَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ.
وَالتَّحْقِيْقُ أَنَّهُ لَا يُحْكَمُ لِإِسْنَادٍ مُعَيَّنٍ بِكَوْنِهِ أَصَحَّ الْأَسَانِيْدِ، وَإِنَّمَا يُحْكَمُ لَهُ بِذَلِكَ بِالنِّسْبَةِ إِلَى الصَّحَابِيِّ أَوِ الْبَلَدِ أَوِ الْمَوْضُوْعِ، فَيُقَالُ: أَصَحُّ أَسَانِيْدِ أَبِيْ بَكْرٍ، أَصَحُّ أَسَانِيْدِ أَهْلِ الْحِجَازِ، أَصَحُّ أَسَانِيْدِ حَدِيْثِ النُّزُوْلِ، وَقَدْ ذَكَرُوْا أَصَحَّ الْأَسَانِيْدِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى الصَّحَابَةِ فَمِنْهَا:

C). Sanad Tershahih.

Yang benar, bahwasannya suatu sanad tertentu tidak dihukumi sebagai sanad tershahih. Akan tetapi ia dihukumi dengan hal tersebut dengan menyandarkan kepada shahabat, atau negeri, atau suatu permasalahan.

Maka dikatakan: sanad tershahih dari Abu Bakr radhiallahu 'anhu. Sanad tershahih dari penduduk Hijaz. Sanad tershahih tentang hadits nuzul.

Dan para ulama telah menyebutkan sanad tershahih dengan menyandarkan kepada shahabat. Diantaranya adalah:

أَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: الزُّهْرِيُّ عَنْ سَعِيْدٍ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.

Sanad tershahih kepada Abu Hurairah radhiallahu 'anhu adalah: Az-Zuhri dari Sa'id Ibnul Musayyab dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu.

وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنهُمَا.

Sanad tershahih kepada 'Abdullah Ibnu 'Umar Ibnul Khaththab radhiallahu 'anhuma adalah: imam Malik dari Nafi' dari Ibnu 'Umar radhiallahu 'anhuma.

وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: مَالِكٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.

Sanad tershahih kepada Anas Ibnu Malik radhiallahu 'anhu adalah: imam Malik dari Az-Zuhri dari Anas Ibnu Malik radhiallahu 'anhu.

وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا: هِشَامٌ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُا.

Sanad tershahih kepada Ummul Mukminin 'Aisyah radhiallahu 'anha adalah: Hisyam Ibnu 'Urwah dari bapaknya dari Ummul Mukminin 'Aisyah radhiallahu 'anha.

وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: الزُّهْرِيُّ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنهُما.

Sanad tershahih kepada 'Abdullah Ibnu 'Abbas radhiallau 'anhuma adalah: Az-Zuhri dari 'Ubaidillah Ibnu 'Utbah dari 'Abdullah Ibnu 'Abbas radhiallahu 'anhuma.

وَأَصَحُّ الْأَسَانِيْدِ إِلَى جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَمْرٍو بْنِ دِيْنَارٍ عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنهُما.

Sanad tershahih kepada Jabir Ibnu 'Abdillah radhiallahu 'anhuma adalah: Sufyan Ibnu 'Uyainah dari 'Amr Ibnu Dinar dari Jabir Ibnu 'Abdillah radhiallahu 'anhuma.

وَأَمَّا رِوَايَةُ عَمْرٍو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ (شُعَيْبٍ) عَنْ جَدِّهِ (أَيْ جَدَّ أَبِيْهِ شُعَيْبٍ) وَهُوَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ، فَباَلَغَ بَعْضُهُمْ حَتَّى جَعَلَهُ مِنْ أَصَحِّ الْأَسَانِيْدِ، وَرَدَّهَا بَعْضُهُمْ بِأَنَّ شُعَيْباً لَمْ يُدْرِكْ جَدَّهُ فُيَكُوْنُ مُنْقَطِعاً.

Adapun riwayat 'Amr Ibnu Syu'aib dari bapaknya (yakni Syu'aib) dari kakeknya (yakni kakeknya Syu'aib), beliau adalah shahabat 'Abdullah Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash radhiallau 'anhuma. Sebagian ulama berlebihan hingga menjadikannya sebagai sanad tershahih. Dan sebagian ulama menyanggah bahwa Syu'aib tidak mendapati kakeknya. Sehingga riwayatnya adalah terputus.

Sekedar memudahkan bagi yang sulit memahami :

('Amr) => (Syu'aib) => (Kakeknya Syu'aib [yakni: 'Abdullah Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash]).

Ada tiga pendapat padanya :

Pertama.
Sebagian ulama memandang termasuk Ashahhul Asanid (sanad tershahih).

Kedua.
Sebagian ulama memandang termasuk Munqathi' (terputus).

Ketiga.
Berkata asy-syaikh rahimahullah :

وَالرَّاجِحُ أَنَّهَا صَحِيْحَةٌ وَمَقْبُوْلَةٌ، قَالَ الْبُخَارِيُّ: رَأَيْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ وَعَلِيَّ بْنَ الْمَدِيْنِيِّ وَإِسْحَاقَ بْنَ رَاهَوَيْهِ وَأَبَا عُبَيْدٍ وَعَامَّةَ أَصْحَابِنَا يَحْتَجُّوْنَ بِحَدِيْثِ عَمْرٍو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ، مَا تَرَكَهُ أَحَدٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، قَالَ الْبُخَارِيُّ: مِنَ النَّاسِ بَعْدَهُمْ؟ اهـ.

Yang rajih, riwayat dengan jalur tersebut adalah shahih dan maqbul.

Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah berkata: aku melihat imam Ahmad Ibnu Hambal dan 'Ali Ibnul Madini dan Ishaq Ibnu Rahawaih dan juga Abu 'Ubaid dan mayoritas shahabat-shahabat kami, mereka berhujjah dengan hadits 'Amr Ibnu Syu'aib dari bapaknya dari kakeknya. Tidak ada seorang muslimpun yang meninggalkannya. Berkata imam Al-Bukhari rahimahullah: yakni dari kalangan orang-orang setelah mereka?. (Selesai)

وَأَمَّا رَدُّهَا بِأَنَّ شُعَيْباً لَمْ يُدْرِكْ جَدَّهُ فَمَرْدُوْدٌ؛ بِأَنَّهُ قَدْ ثَبَتَ سَماَعُ شُعَيْبٍ مِنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللهِ، فَلَيْسَ فِيْهِ انْقِطَاعٌ حِيْنَئِذٍ، وَقَالَ شَيْخُ الْإِسْلاَمِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ: أَئِمَّةُ الْإِسْلاَمِ وَجُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ يَحْتَجُّوْنَ بِحَدِيْثِ عَمْرٍو بْنِ شُعَيْبٍ إِذَا صَحَّ النَّقْلُ إِلَيْهِ. اهـ.

Adapun sanggahannya bagi yang menyatakan bahwa Syu'aib tidak mendapati kakeknya; pendapat ini adalah MARDUD (tertolak).

Sesungguhnya telah tsabit (valid), mendengarnya Syu'aib dari kakek beliau 'Abdullah Ibnu 'Amr Ibnul 'Ash radhiallau 'anhuma. Maka tidak ada lagi kata terputus.

Berkata syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:
Para imam islam dan jumhur ulama, mereka berargument dengan hadits 'Amr Ibnu Syu'aib apabila penukilan kepadanya adalah shahih. (Selesai)

Wallahu a'lam bish-shawab. Wa baarakallahu fikum.



Akhukum fillah :
Ahad, 9  - Muharram - 1437 H / 22 - 10 - 2015 M



_____________________________                 

Baca Juga :
--------------------------










0 komentar:

Posting Komentar

Mubaarok Al-Atsary. Diberdayakan oleh Blogger.